Ilustrasi: Telkomsel
Ilustrasi: Telkomsel

Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Pasang Bandwidth 4,2Tbps

Teknologi telkomsel telekomunikasi
Mohammad Mamduh • 17 Desember 2018 15:11
Jakarta:Menjelang akhir tahun, Telkomsel mengumumkan beberapa langkah untuk mengantisipasi melonjaknya konsumsi data yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru.
 
Telkomsel menyebut bakal memasang 88 BTS bergerak di titik-titik dengan jalur komunikasi terpadat. Mereka mengatakan membangun 776 BTS 4G baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2Tbps.
 
Optimalisasi jaringan juga diklaim bakal dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Lokasi ini adalah alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Momen Natal dan Tahun Baru selalu dibarengi dengan masa liburan. Ini merupakaan momen masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya,” kataDirektur Network Telkomsel Bob Apriawan.
 
Ada 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan: Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).
 
“Khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian, kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan,” lanjut Bob.
 
Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diprediksi meningkat 20 persen dibandingkan hari biasa.
 
Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen. Kebanyakan pelanggan disebut memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, dan bermain game.
 
Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5 persen pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif