Ilustrasi.
Ilustrasi.

Daftar Ponsel dengan Radiasi Terbesar dan Terkecil

Teknologi teknologi smartphone
Lufthi Anggraeni • 09 Februari 2019 09:07
Jakarta: Smartphone menjadi salah satu perangkat yang kian sulit dilepaskan dari kehidupan manusia. Semakin cerdas, smartphone juga dilaporkan meningkatkan peluang pengguna terpapar radiasi sinar berbahaya.
 
Laporan yang dirilis oleh Badan Federal Perlindungan Radiasi Jerman mengungkap besarnya radiasi yang dipancarkan oleh sejumlah smartphone model lama dan model baru. Data ini dirilis dalam satuan watt per kilogram. Semakin rendah nilai sebuah ponsel semakin aman ponsel tersebut.
 
Perangkat yang dilaporkan memancarkan sinar radiasi tertinggi adalah Xiaomi Mi A1, dengan radiasi sebesar 1,75 watt per kilogram. OnePlus 5T menjadi perangkat kedua dengan pancaran sinar radiasi tertinggi, bernilai sebesar 1,68 watt per kilogram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daftar Ponsel dengan Radiasi Terbesar dan Terkecil
Sumber: Statista
 
Sementara itu, Pixel 3 XL menempati posisi ketujuh dengan nilai sebesar 1,39 watt per kilogram, Pixel 3 di posisi ke 12 bernilai 1,33 watt per kilogram, dan Apple iPhone 8 menduduki peringkat ke 14 dengan nilai 1,32 watt per kilogram.
 
Sayangnya, laporan ini tidak mencantumkan tingkatradiasi minimal yang akan mengancam kesehatan pengguna. Grup lingkungan Jerman bernama Der Blaue Engel (Blue Angel) menyebut batas aman radiasi pada smartphone adalah 0,60 watt per kilogram atau lebih rendah.
 
Sementara itu, Samsung Galaxy Note 8 dan ZTE Axon Elite dilaporkan sebagai perangkat dengan pancaran sinar radiasi terendah, dengan nilai sebesar 0,17 watt per kilogram. LG G7 ThinQ harus berbagi tempat dengan Samsung Galaxy A8, dengan nilai sebesar 0,24 watt per kilogram.
 
Daftar Ponsel dengan Radiasi Terbesar dan Terkecil
Sumber: Statista
 
Menyoal Samsung, separuh dari ponsel pada daftar perangkat dengan tingkat radiasi terendah di laporan yang dirilis oleh Badan Federal Perlindungan Radiasi Jerman mengusung merek Samsung. Perangkat ini termasuk Galaxy S8+ (0,26), Galaxy S9+ (0,29) dan Galaxy S8 (0,32).
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif