Spotify dilaporkan tengah menguji fitur iklan baru, berupa iklan berbasis aktivasi suara.
Spotify dilaporkan tengah menguji fitur iklan baru, berupa iklan berbasis aktivasi suara.

Spotify Uji Model Iklan Berbasis Suara Berikutnya

Teknologi spotify
Lufthi Anggraeni • 06 Mei 2019 10:01
Jakarta: Pertarungan besar di industri streaming video sering kali dinilai kerap dipandang mudah oleh pesaing. Tantangan ekspansi pengguna, daya ingat dan monetisasi yang dihadapi pelaku industri tidak jauh berbeda.
 
Namun, pertarungan ini semakin sulit akibat kehadiran pemain besar seperti Apple dan Spotify yang secara gencar memperluas cakupan mereka. Spotify baru-baru ini mengumumkan pencapaiannya memiliki 100 juta pelanggan layanan versi premium.
 
GSM Arena menyebut mengapitalisasi secara baik basis pengguna versi gratis milik Spotify sebesar 117 juta merupakan tantangan sebenarnya. Hal ini disebut menjadi pendorong Spotify menghadirkan iklan berbasis aktivasi suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur ini masih dalam konsep awal dan tahap beta, dan ditujukan untuk menghadirkan perubahan pada iklan suara tradisional dan video dalam aplikasi Spotify. Ide fitur ini tergolong sederhana, yaitu memutar iklan suara dan melakukan kemampuan terbaik untuk terkait dengan pengguna dan menarik perhatian mereka.
 
Kemudian, fitur ini akan meminta perintah suara pengguna untuk melakukan aktivitas yang diusung oleh iklan tersebut.
 
Spotify bertujuan untuk membedakan diri dari model iklan tradisional, dengan harapan dapat memperoleh interaktivitas cukup baik guna memerangi ketidaktahuan soal banner.
 
Namun, tantangan sebenarnya terletak pada proses penciptaan pengalaman yang tidak berpeluang untuk memicu respons negatif. Hal ini yang tengah diujikan oleh Spotify pada sejumlah kecil pengguna versi gratis layanan versi Android dan iOS di Amerika Serikat.
 
Spotify juga dilaporkan tengah menyaring secara lebih jauh daftar partisipan yang akan dapat menikmati layanan iklan tersebut, termasuk pengguna yang telah mendukung fitur pengendalian via suara aktif.
 
Sejumlah pengujian pertama iklan berbasis aktivasi suara ini masih menampilkan iklan dari Unilever Axe dan Spotify Studio. Salah satu iklan mencoba untuk mengarahkan pengguna ke konten orisinal Spotify Podcast Stay Free: The Story of the Clash.
 
Sementara iklan lainnya mempromosikan daftar putar bermerek yang terkait dengan kampanye iklan Unilever Axe. Iklan ini masih hadir dengan banner, serta dengan tombol percakapan untuk melakukan tindakan.
 
Selain itu, iklan ini juga hadir dengan shortcut ke menu Manage Ad Settings, lokasi pengguna mengatur dan mengganti format baru ini jika tidak menyukainya. Iklan akan tetap tampil selama beberapa detik menunggu perintah suara Play Now dari pengguna. Jika pengguna tidak memberikan perintah tersebut, aplikasi akan kembali memutar musik.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif