Analisis iPrice menemukan Gen Z lebih suka berbelanja online pada dua pekan pertama bulan Ramadan.
Analisis iPrice menemukan Gen Z lebih suka berbelanja online pada dua pekan pertama bulan Ramadan.

Generasi Ini Lebih Suka Belanja di Ramadan

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 29 April 2022 13:23
Jakarta: Menggunakan data internal dari Google Analytics, iPrice melakukan analisis untuk mengetahui keunikan perilaku belanja online generasi yang paling aktif berbelanja antara generasi milenial dan generasi Z, dalam dua pekan pertama bulan Ramadan.
 
Dari analisis tersebut, iPrice menemukan bahwa generasi Z atau Gen Z lebih aktif berbelanja online, dengan jumlah trafik sebesar 53 persen pada bulan Ramadan 2022, lebih tinggi dari generasi milenial sebesar 47 persen.
 
Gen Z juga memimpin dalam hal pola belanja online ini pada bulan Ramadan tahun 2021 lalu, dengan jumlah trafik sebesar 57 persen, lebih tinggi dari generasi milenial dengan jumlah trafik sebesar 43 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, data mencatat terjadinya kenaikan jumlah trafik generasi milenial sebesar empat persen pada bulan Ramadan 2022. Kenaikan ini dinilai sebagai dampak dari kegiatan bekerja di luar rumah yang mulai dilakukan generasi milenial.
 
Sementara itu, pukul empat pagi atau waktu mempersiapkan dan menyantap makanan sahur menjadi waktu dengan jumlah trafik belanja online tertinggi selama Ramadan, baik bagi generasi milenial maupun gen z.
 
iPrice menyebut menemukan lonjakan trafik dari kedua generasi ini, dari pukul 2 dini hari hingga 4 pagi, sebesar 203 persen untuk generasi milenial dan 224 persen untuk gen Z, jika dibandingkan dengan dua pekan sebelum Ramadan.
 
Pola lain yang juga ditemukan iPrice adalah penurunan konsumen kedua generasi ini pada pukul lima sore, sebesar 28 persen untuk milenial dan 35 persen untuk gen Z. Hal ini diperkirakan karena waktu tersebut dimanfaatkan kedua generasi ini untuk mempersiapkan menu berbuka puasa.
 
Selama dua pekan pertama bulan Ramadan 2022, kategori fesyen dan kecantikan menjadi kategori yang mendominasi lima produk teratas pada platform belanja online dari konsumen kedua generasi ini.
 
Gamin menjadi kategori produk fesyen yang menduduki peringkat kedua produk paling dicari oleh Gen Z, dengan persentase sebesar 21,5 persen, diikuti produk pencuci muka sebesar 18,8 persen dan di peringkat kelima ditempati oleh shampo dengan persentase 14,1 persen.
 
Produk yang sama yaitu gamis, turut menduduki peringkat kedua produk fesyen yang paling dicari generasi milenial dengan persentase 28,8 persen, diikuti shampo sebesar 12,7 persen di peringkat keempat dan produk pencuci wajah di peringkat kelima sebesar 11,6 persen.
 
Selain itu pada tahun 2022 ini, produk elektronik juga masuk ke dalam lima produk terpopuler 
kalangan generasi milenial maupun gen Z saat Ramadhan. Smartphone menduduki peringkat pertama untuk kedua generasi.
 
Persentase smartphone untuk milenial sebesar 30,5 persen dan gen Z sebesar 28,1 persen, sedangkan laptop berada di peringkat keempat untuk gen Z sebesar 17,6 persen, dan ketiga untuk milenial sebesar 16,5 persen.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif