Dalam acara GrabX 2025, Anthony Tan, Group CEO dan Co-founder Grab, menyampaikan komitmen perusahaan untuk terus memanfaatkan teknologi terbaru dalam menghadirkan solusi yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.
"GrabX adalah perwujudan komitmen kami dalam memanfaatkan teknologi terbaru untuk menghadirkan solusi yang mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Setiap fitur ini dikembangkan dengan filosofi yang kami sebut 'AI-First with Heart' dimana AI jadi pusat pendekatan kami dalam bekerja dan apa yang kami bangun, tanpa pernah melupakan untuk siapa kami berinovasi," ujarnya.
Salah satu inovasi utama yang diperkenalkan adalah program Grab Early Access, yang memberikan kesempatan eksklusif bagi pengguna untuk mencoba fitur-fitur terbaru Grab sebelum diluncurkan secara resmi. Program ini memungkinkan pengguna untuk memberikan masukan dan saran yang berharga, yang akan digunakan untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas fitur-fitur tersebut.
Inovasi-inovasi yang diperkenalkan di GrabX 2025 dikelompokkan berdasarkan kebutuhan dan peran pengguna, yaitu:
Untuk Si Paling Andalan Keluarga (Family "You")Grab for Family | Remaja: Fitur ini memungkinkan remaja berusia 13 hingga 20 tahun untuk bepergian sendiri dengan lebih aman dan terpercaya. Akun remaja terhubung dengan akun keluarga orang tua, dan dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti alokasi prioritas untuk mitra pengemudi dengan rating tinggi, verifikasi PIN perjalanan, dan Always-On AudioProtect yang didukung oleh teknologi GenAI. Fitur Trip Monitoring juga memungkinkan orang tua untuk memantau perjalanan anak mereka. Fitur ini akan diluncurkan di berbagai negara, termasuk Indonesia, mulai bulan Mei.
Pesan Makanan dalam Jumlah Besar: Sistem berbasis AI ini memastikan pesanan dalam jumlah besar tiba secara bersamaan, baik menggunakan GrabCar maupun dua GrabBike terpisah. Sistem ini menggunakan Large Language Model (LLM) untuk mengidentifikasi pesanan besar dan mengatur armada pengantaran yang sesuai. Fitur ini sudah tersedia di seluruh Asia Tenggara.
Untuk Si Paling Mandiri (Solo "You")GrabFood Mandiri (Makan Sendiri): Fitur ini menawarkan paket makanan hemat dan tarif pengantaran flat bagi pengguna yang makan sendiri. Grab bekerja sama dengan mitra merchant untuk menyediakan berbagai pilihan menu yang bisa dipesan dengan mudah dan cepat. Layanan ini sudah tersedia di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Shared Saver: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan bergabung dengan pesanan orang lain yang ada di sekitar untuk membeli di merchant yang sama. Konsepnya mirip dengan Group Order, tetapi dengan orang yang tidak dikenal. Sistem AI Grab akan mendeteksi pesanan dari merchant yang sama di satu area dan membuka opsi Shared Saver. Fitur ini mulai diuji coba di Singapura pada bulan April dan akan diperluas ke wilayah lain pada bulan Juni.
Untuk Si Paling Petualang (Explorer "You")Advance Booking (Airport Pickup): Layanan penjemputan bandara yang andal dan fleksibel ini menyesuaikan jadwal penerbangan pengguna secara dinamis. Sistem akan melacak status penerbangan secara real-time dan menyesuaikan jadwal mitra pengemudi. Fitur ini sudah tersedia di beberapa bandara internasional di Asia Tenggara dan akan diperluas ke kota-kota besar lainnya.
Dine Out Discovery (didukung oleh GrabMaps): Fitur ini memudahkan pengguna untuk menjelajahi pilihan tempat makan dan promo lokal. Pengguna dapat mencari dan memfilter tempat makan berdasarkan jenis masakan, preferensi makanan, tempat populer, rating, harga, dan jarak. Fitur ini akan tersedia di semua wilayah Asia Tenggara pada bulan Mei, dengan fitur reservasi yang akan diluncurkan di Indonesia, Singapura, dan Thailand pada bulan yang sama.
Grab Travel Pass: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli voucher promo yang dapat digunakan untuk perjalanan bandara, transportasi umum, pesan-antar makanan, dan makan di restoran di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Fitur ini sudah tersedia di semua negara.
Philipp Kandal, Chief Product Officer Grab, menambahkan, baik saat sedang sendiri, berbagi momen bersama keluarga, atau menjelajah destinasi baru, GrabX 2025 merupakan sebuah perjalanan dari berbagai solusi yang dirancang khusus untuk memperkaya pengalaman sehari-hari pengguna, baik di level personal maupun komunal.
"Melalui berbagai inovasi ini, kami ingin menghapus hambatan dan membuka jalan baru agar pengguna dapat fokus pada hal-hal yang paling berarti dalam hidup mereka, apapun peran yang sedang mereka jalani."
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News