Foto: Telkom
Foto: Telkom

Telkom AI Center of Excellence Ditopang 4 Pilar, Percepat Adopsi AI di Indonesia

Mohamad Mamduh • 05 September 2025 13:40
Jakarta: Telkom secara resmi meluncurkan Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence (COE) yang didukung oleh Telkom Solution.
 
Peresmian yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, pada Kamis (28/8) ini dihadiri langsung oleh Direktur IT Digital Telkom Faizal R. Djoemadi dan Direktur Enterprise & Business Service Veranita Yosephine. 
 
Kehadiran Telkom AI Center of Excellence sejalan dengan agenda besar reformasi digital pemerintah yang ditekankan oleh Presiden. Pemanfaatan teknologi berbasis kecerdasan buatan diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan daya saing nasional.

Sebagai bagian dari Telkom Group, AI COE berkomitmen untuk menghadirkan solusi nyata melalui sinergi lintas sektor dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Faizal R. Djoemadi menyatakan keyakinannya bahwa Telkom Indonesia AI Center of Excellence akan menjadi pusat pengembangan, kolaborasi, dan implementasi kecerdasan buatan.
 
"Kami yakin hadirnya Telkom Indonesia AI Center of Excellence mampu menjadi pusat pengembangan, kolaborasi, serta implementasi kecerdasan buatan guna menjadi motor penggerak digitalisasi di pemerintahan dan transformasi industri di Indonesia sehingga memberi manfaat positif bagi masyarakat serta perekonomian bangsa," ujarnya.
 
AI COE dirancang secara holistik sebagai enabler ekosistem AI Nasional dan menunjukkan komitmen Telkom dalam mendukung digitalisasi pemerintahan, memperkuat daya saing industri, serta memberdayakan talenta lokal.
 
Telkom AI Center of Excellence memiliki empat pilar program strategis. Pertama, AI Campus yang menjadi wadah kolaborasi bersama perguruan tinggi. Kedua, AI Playground yang menyediakan ruang eksplorasi dan riset praktis. Ketiga, AI Connect yang bertujuan mengharmonisasi para praktisi, startup, hingga pelaku bisnis. Dan keempat, AI Hub untuk penciptaan solusi nyata bagi berbagai industri.
 
Keberhasilan Telkom AI Center of Excellence telah terbukti melalui kehadiran AI BigBox, platform AI unggulan Telkom. AI BigBox telah mendukung berbagai institusi, perusahaan, dan UMKM dalam mengoptimalkan operasional dan meningkatkan produktivitas dengan kapabilitas seperti Analytics, Machine Learning, Large Language Models (LLM), dan Natural Language Processing (NLP).
 
Salah satu pemanfaatan AI BigBox yang menonjol adalah asisten virtual berbentuk chatbot. Chatbot ini mampu memproses lebih dari 300 ribu percakapan per jam dengan cepat dan akurat, membantu optimalisasi operasional dan interaksi pelanggan.
 
Selain itu, AI BigBox juga digunakan untuk e-KYC demi verifikasi identitas pelanggan yang lebih efisien, serta memantau serangan siber. Saat ini, AI BigBox berhasil mengidentifikasi lebih dari 130 ribu serangan siber setiap bulannya.
 
Dengan kapabilitas yang dimiliki, ditambah kolaborasi bersama mitra strategis dan dukungan penuh para pemangku kepentingan, Telkom yakin AI Center of Excellence akan menjadi akselerator utama yang mendorong keberhasilan transformasi dan digitalisasi Indonesia.
 
Telkom berkomitmen memperkuat kapabilitas digital, infrastruktur AI, dan platform teknologi untuk menciptakan fondasi kokoh bagi inovasi berkelanjutan, dengan ambisi menjadikan Indonesia lebih cerdas, inovatif, dan kompetitif di era digital. Telkom Empower Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan