Spotify menghadirkan pencatat lagu favorit pengguna selama satu tahun, bertajuk Wrapped.
Spotify menghadirkan pencatat lagu favorit pengguna selama satu tahun, bertajuk Wrapped.

Spotify Kalahkan Apple di Fitur Review Tahunan

Teknologi teknologi spotify
Lufthi Anggraeni • 07 Desember 2019 09:17
Jakarta: Spotify menghadirkan fitur yang mengingatkan pengguna terkait lagu dengan intensitas pemutaran tersering selama satu tahun, bertajuk Wrapped. Kehadiran fitur ini tengah banyak dibagikan penggunanya di berbagai jejaring sosial.
 
Pengguna Spotify dapat mengunjungi kembali seniman terbaik dan lagu terbaik tahun ini dalam catatan fitur Wrapped mereka. Dan karena tahun 2019 juga menandai akhir satu dekade, pencatatan ini juga merangkum musik yang dikonsumsi pengguna selama 10 tahun terakhir.
 
Pencatatan ini dihadirkan Spotify dalam format serupa Instagram Story di aplikasi mobile karyanya, dan pengguna dapat mengetuk konten ini untuk berbagi rangkuman mereka secara langsung ke Instagram Story dari Spotify.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gencar dibagikan pengguna via jejaring sosial ini dinilai The Verge menjadi kemenangan besar untuk Spotify dan kekalahan untuk Apple Music. Sebab Spotify mengalahkan fitur serupa yang dimiliki oleh Apple.
 
Apple, berbeda dari perusahaan teknologi lain, memahami insentif bisnis untuk membangun fitur produk eksklusif. Pemilik iPhone dapat menciptakan Memoji dan, yang paling kontroversial, mendapatkan gelembung biru di iMessage.
 
Eksklusif artinya pengguna tidak akan dapat mengakses kedua fitur ini dari perangkat selain iOS. Apple Music juga memiliki fitur tinjauan selama satu tahun, namun tidak memiliki kemampuan untuk dibagikan.
 
Layanan streaming digunakan untuk memikat pengguna agar berlangganan melalui fitur eksklusif, seperti penawaran karya Jay Z secara eksklusif di Tidal dan Frank Ocean di Apple Music. Namun era tersebut telah berakhir.
 
Pada pekan ini, Jay Z menghadirkan akses untuk seluruh lagunya secara terbuka di Spotify. Musik tidak lagi menjadi pembeda, sehingga platform streaming harus memutar otak guna mencari cara menghadirkan fitur eksklusif pada layanannya masing-masing, dan Apple masih menjadi pihak terkuat untuk ranah ini.
 
Sebelumnya, pada bulan Oktober lalu, Spotify dilaporkan mendominasi pasar layanan musik dengan 248 juta pengguna aktif bulanan dan 113 juta anggota premium hingga akhir kuartal ketiga tahun 2019 ini.
 
Jumlah tersebut meningkat 30 persen dan 31 persen jika dibandingkan dengan jumlah yang dilaporkan pada kuartal ketiga tahun 2018. Peningkatan ini melebihi dan mencapai ekspektasi tinggi Spotify yang diumumkan pada sekitar bulan Juni lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif