Episode podcast ini, dilaporkan The Verger, dapat berupa topik khusus atau wawancara orang tertentu. Google juga akan memungkinkan masyarakat untuk meminta Google Assistant mencari dan memutar podcast terkait topik spesifik.
Untuk saat ini, pengguna harus mencari konten tersebut dengan menggunakan kata kunci ‘podcast’ diikuti dengan nama acara atau topik yang diinginkan. Setelah memilih podcast yang diinginkan, konten akan diputar melalui aplikasi web Google Podcast.
Struktur perintah yang sama juga berlaku untuk Google Assistant, mengharuskan pengguna untuk mengucapkan kata kunci ‘Hey Google’ diikuti oleh perintah untuk memutar podcast terkait topik yang diinginkan pengguna.
Google menyebut bahwa perusahaannya akan mendukung pemutaran konten pihak ketiga, dinilai penting bagi podcast yang didistribusikan secara eksklusif di platform tertentu. Persyaratan terkait dengan pencarian podcast ini disebut Google akan segera diumumkannya, meski belum mengungkap waktu peluncuran fungsi tersebut pada Google Assistant.
Pada hasil pencarian, Google akan secara otomatis melakukan transkrip pada seluruh episode podcast yang ditemukannya. Pelaku industri podcast yang menerbitkan RSS Feed akan dapat menemukan acara mereka pada index podcast temuan Google Search.
Saat ini, Google mengaku telah menyusun daftar yang terdiri dari lebih dari dua juta acara. Google Podcasts Product Manager Zack Renneau-Wedeen menyebut Google akan mempertimbangkan sejumlah hal saat menentukan acara yang akan ditampilkannya pertama kali.
Sejumlah hal tersebut termasuk jumlah pendengar atau acara yang berasal dari penerbit berizin. Fungsionalitas baru ini secara fundamental dapat mengubah cara masyarakat dalam menemukan acara baru karena podcast dinilai kurang memiliki alat pencarian yang mumpuni.
Saat ini, masyarakat umumnya menemukan podcast melalui teman atau acara lainnya. Selain itu, masyarakat juga kesulitan untuk menemukan acara terkait topik spesifik karena tidak tersedia cara mudah untuk mencari podcast berdasarkan topik.
Namun, keputusan Google ini juga akan mengubah cara pelaku industri podcast dalam menanggapi fakta bahwa acara mereka menjadi sebuah entitas, terutama terkait dengan Search Engine Optimization (SEO).
Perubahan yang dilakukan Google ini akan berdampak pada cara pelaku industri podcast dalam memberikan judul acara mereka, menulis deskripsi episode atau mengandalkan karya seni menarik yang digunakan sebagai foto kecil acara.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News