Gambar screenshot Dark Mode pada iOS 13 beredar dengan latar belakang dengan warna hitam pekat. (Foto: 9to5Mac)
Gambar screenshot Dark Mode pada iOS 13 beredar dengan latar belakang dengan warna hitam pekat. (Foto: 9to5Mac)

iOS 13 Punya Dark Mode?

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 29 Mei 2019 12:42
Jakarta: Apple akan mengumumkan iOS 13 secara resmi pada 3 Juni mendatang, pada ajang konferensi pengembang tahunannya. Apple diperkirakan akan menampilkan seluruh informasi terkait sistem operasi terbarunnya pada peluncurannya di musim gugur ini.
 
Situs 9to5Mac melaporkan, salah satu rumor yang konstan tentang iOS 13 adalah penambahan Dark Mode. Kini, beredar gambar screenshot di internet, menampilkan apa saja yang bisa Anda lakukan pada mode ini.
 
Seperti namanya, Dark Mode merupakan tema dengan dominasi warna gelap. Namun, seperti screenshot yang beredar, mode ini akan menggunakan latar belakang dengan warna hitam pekat, setidaknya pada aplikasi terintegrasi seperti Music.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mode ini tampil apik pada layar berpanel AMOLED, seperti pada iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Selain itu, mode ini juga diklaim membantu daya tahan baterai perangkat, sebab panel AMOLED tidak menggunakan banyak daya saat menampilkan piksel berwarna hitam.
 
Karena Google juga akan menambahkan tema gelap pada generasi Android selanjutnya, tahun 2019 diperkirakan akan menjadi tahun dirilisnya fitur menarik ini pada dua sistem operasi mobile utama, yaitu iOS dan Android.
 
Pada iOS 13, pengguna dapat mengaktifkan Dark Mode melalui menu Settings atau dengan opsi pada Control Center. Pada layar Home, perubahan yang signifikan setelah mengaktifkan Dark Mode terlihat pada Dock dengan latar belakang berwarna gelap.
 
Perubahan antarmuka pengguna lain pada iOS 13 ini termasuk antarmuka yang tampil setelah mengambil screenshot. Antarmuka ini menampilkan versi buram dari wallpaper perangkat pengguna dan alat editing yang terlihat lebih realistik pada bagian bawah.
 
Di iPad, antarmuka pengguna hadir dalam baki dengan tepian membulat dan tersemat di bagian bawah layar. Baki ini berisi sejumlah peralatan dan pengguna bisa menariknya untuk memindahkan baki tersebut.
 
iOS 13 Punya Dark Mode?
 
Selain itu, iOS 13 juga akan berbekal aplikasi Reminders dengan usungan desain baru. Di iPad, aplikasi baru ini dilengkapi dengan barpada sisi dengan kotak terpisah untuk Today, Scheduled, Flagged, dan All.
 
Bar di samping ini juga termasuk kotak pencarian dan koleksi dari daftar pengingat milik pengguna. Aplikasi ini menggunakan jenis huruf SF UI Rounded, yang pertama kali diperkenalkan pada aplikasi Wallet di iOS 12.2.
 
Aplikasi Find My Friends dan Find My iPhone akan digabungkan menjadi aplikasi bernama Find My. Saat pengguna mengaksesnya, aplikasi akan menampilkan peta besar yang memenuhi seluruh layar, dengan jendela kecil di sudut.
 
Jendela ini menampilkan daftar kontak keluarga dan rekan, serta tab lain untuk perangkat pengguna. Saat Dark Mode diaktifkan, peta akan hadir dengan tampilan standar serupa tampilannya di Maps pada MacOS dengan Dark Mode.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif