Contoh efek filter gender swap dari Snapchat.
Contoh efek filter gender swap dari Snapchat.

Filter Sulap Wajah Snapchat Makin Populer, Kenapa?

Teknologi snapchat
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Mei 2019 15:04
Jakarta: Beberapa hari belakangan media sosial dihebohkan dengan foto atau video yang menampilkan seorang pria wajahnya berubah menjadi wanita, dan sebaliknya. Diketahui bahwa filter ini merupakan salah satu filter dari media sosial Snapchat.
 
Snapchat sejak lama dikenal memiliki filter berbasis augmented reality dan sempat lebih populer dari Instagram. Namun, Snapchat tetap tidak bisa populer dan memiliki banyak jumlah pelanggan seperti Instagram.
 
Dikabarkan bahwa fenomena viral foto dan video berkat fitur "gender swap" tersebut jumlah unduhan aplikasi Snapchat melonjak signifikan. Data dari firma riset SensorTower mencatat bahwa ada tujuh juta unduhan baru dari sistem operasi iOS dan Android.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unduhan baru ini artinya pengguna yang baru pertama kali membuat akun Snapchat. Padahal seminggu sebelum filter ini dirilis aplikasi Snapchat hanya diunduh sebanyak tiga juta kali.
 
Perubahan tersebut berdampak terhadap peningkatan pengguna harian Snapchat yang diklaim mencapai lebih dari 100 persen.
 
Sayangnya, justru filter ini tidak langsung membuat layanan Snapchat menjadi ramai. Di dalam aplikasi tersebut tersedia pilihan untuk menyimpan foto tersebut ke memori smartphone atau membagikannya ke media sosial yang lain.
 
Dikutip dari The Verge, justru banyak pengguna filter gender swap dari Snapchat yang mengunggah hasil foto atau video tersebut ke Instagram. Aplikasi lain yang juga kebanjiran foto yang menggunakan filter dari Snapchat adalah Tinder.
 
Aplikasi kencan tersebut dikabarkan ramai oleh pengguna pria yang menggunakan foto berwajah perempuan hasil filter Snapchat. Banyak yang mengklaim bahwa foto tersebut ternyata banyak disukai oleh akun Tinder kalangan pria.
 
Sebagian pengguna Tinder lainnya justru banyak yang memprotes karena hal tersebut sama saja penipuan. Hal ini bisa memancing kejahatan siber berupa penipuan dengan metode catfishing alias menggunakan identitas palsu.
 
Dari fenomena ini banyak pihak menilai Snapchat jauh lebih sukses membuat fenomena dan menciptakan fitur unik ketimbang Instagram. Dari laporan The Verge disebutkan bahwa Instagram selama ini belum pernah bisa menghasilkan filter yang semenarik dan fenomenal ala Snapchat.
 
Namun, kepopuleran Instagram sebagai keluarga dari WhatsApp dan Facebook di bawah naungan Facebook Inc. membuat aplikasi tersebut lebih populer. Snapchat disebut hanya populer di kalangan remaja Amerika Serikat.
 
Kemungkinan besar beberapa hari ke depan aplikasi Snapchat akan kembali sepi dan baru akan fenomenal kembali ketika ada filter baru yang viral di media sosial selain Snapchat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif