AMD Radeon VII (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)
AMD Radeon VII (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)

AMD Radeon VII Setop Produksi?

Teknologi amd hardware amd ryzen
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Juli 2019 10:21
Jakarta: Kabar terbaru melaporkan AMD menghentikan produksi Radeon VII, yang usianya baru sekitar lima bulan sejak dirilis.
 
Perlu diketahui bahwa AMD Radeon VII adalah kartu grafis pertama di dunia yang memasang GPU berbasis fabrikasi 7nm, sebelum kehadiran Ryzen 3000 Series. Kartu grafis ini menyasar segmen gamer dan enthusiast.
 
Kabar ini pertama kali beredar dari situs asal Prancis bernama Cowcotland,yang memperoleh informasi dari peritel hardware. Peritel memberikan informasi bahwa mereka tidak lagi menerima stok AMD Radeon VII, dan harga untuk unit yang tersedia di pasar kini melambung tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak dari mereka yang meyakini bahwa kartu grafis tersebut dihentikan produksinya. Namun beberapa media hardware di luar telah meminta klarifikasi pihak AMD. Perusahaan yang dipimpin oleh Dr.Lisa Su mau memberikan jawaban, yang isinya justru tidak menjelaskan nasib kartu grafis GPU 7nm pertama di dunia tersebut.
 
"Kami akan terus memastikan ketersediaan AMD Radeon VII untuk gamer dan konten kreator," tulis pihak AMD dikutip dari situs Tom's Hardware. Artinya, pihak AMD sendiri akan masih menyediakan kartu grafis tersebut di pasar.
 
Banyak pihak yang justru meyakini nasib AMD Radeon VII bakal berakhir. Pandangan ini berdasarkan pertimbangan harga seri AMD Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT yang kini lebih murah ketimbang AMD Radeon VII.
 
Faktor lainnya adalah arsitektur GPU Navi di AMD Radeon RX 5700 yang juga sudah sangat mumpuni seperti GPU Vega di AMD Radeon VII.
 
Hal ini juga mendorong munculnya spekulasi bahwa AMD Radeon VII dirilis untuk lebih dulu memperkenalkan GPU 7nm di pasar, mengklaim posisi AMD sebagai yang terdepan. Sayangnya AMD Radeon VII saat itu dirilis hanya versi reference tanpa tersedia versi custom dari vendor manapun.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif