Huawei: TIK Mendorong Kemajuan Ekonomi Dunia
ICT memiliki peran dalam kemajuan ekonomi digital dunia dan membutuhkan dukungan termasuk dari Huawei.
Bangkok: Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) menjadi salah satu bidang teknologi yang mengalami perkembangan tercepat saat ini. Meski masih dinilai baru oleh sejumlah pihak, TIK disebut menjadi salah satu teknologi dengan peluang terbesar.

Meskipun demikian, Assistant Professor Department of Economics University of Warwick Mirco Draca menyebutkan bahwa teknologi ini memiliki riwayat penggunaan yang panjang dan telah mulai umum digunakan oleh pelaku berbagai industri.

"TIK menjadi salah satu pendorong kemajuan ekonomi di dunia, termasuk wilayah yang tengah berkembang. TIK dalam ekonomi menjadi awal dari komersialisasi dan perbaikan pada ranah ini akan mendorong kenyamanan pada layanan yang memanfaatkannya," ujar Draca pada ajang Huawei Asia Pacific Innovation Day 2018.


Teknologi TIK disebut Draca mengalami pergeseran dampak seiring dengan perkembangan yang dialaminya dari tahun ke tahun. Namun dalam perkembangannya, Draca menyebut teknologi ini membutuhkan pengawalan dari pemerintah alias pembuat regulasi, termasuk terkait kebijakan broadband.

Kebijakan broadband dinilai Draca sebagai kebijakan di bidang inovasi yang menyediakan platform bagi pengembangan inovasi. Sementara itu, Draca menyebutkan, ekspansi teknologi ini berkembang pesat sehingga menimbulkan kesulitan bagi sejumlah pihak untuk menjangkau dampak yang dihasilkannya.

Investasi di bidang broadband menjadi salah satu cara untuk berinvestasi dalam perkembangan TIK di masa depan. Draca juga menyebut perkembangan TIK memiliki kaitan erat dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), meningkatkan kemampuan robotik di bidang ini. Dengan begitu, teknologi robotik bisa dimanfaatkan pelaku industri untuk menerapkan efisiensi dalam operasi sehari-harinya.

Namun teknologi robotik yang semakin baik menjadi salah satu hal yang mendorong perubahan di bidang pekerjaan. Perbaikan kualitas ini diakui Draca mempngaruhi pekerjaan dengan tingkat kebutuhan kemampuan rendah, walau dia belum menemukan tanda tentang pengaruhnya pada pekerjaan dengan kebutuhan kemampuan tinggi.

Sementara itu, perkembangan TIK di masa depan disebut Draca tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Huawei sebagai perusahaan di bidang teknologi. Salah satu cara yang disebut Draca dapat dilakukan Huawei adalah menyediakan investasi besar untuk pengembangan teknologi ini selanjutnya.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.