Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tiga Aplikasi Pengingat Salat

Teknologi aplikasi Ramadan 2018
Ellavie Ichlasa Amalia • 20 Mei 2018 17:02
Jakarta:Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk menabung pahala. Salat merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh umat muslim. Umat Islam juga didorong untuk menyegerakan salat setelah azan berkumandang.
 
Sayangnya, Anda tidak selamanya bisa mendengar suara kumandang azan, terutama ketika Anda berada di dalam ruangan -- seperti kantor -- dan sibuk bekerja.
 
Untungnya, banyak developer menyadari hal ini dan membuat aplikasi yang berfungsi memberitahukan waktu azan berkumandang. Aplikasi yang tersedia beragam. Ada yang hanya menawarkan fungsi untuk menampilkan waktu salat, ada juga aplikasi yang juga berisi doa bahkan Al-Qur'an.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inilah tiga aplikasi yang akan menampilkan informasi tentang waktu salat.
 
1. Waktu Solat -Kiblat, Azan, Doa
Seperti namanya, aplikasi ini akan memberikan informasi terkait waktu salat, lengkap dengan kompas untuk menunjukkan kiblat dan juga berbagai doa. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa informasi Islami lain seperti Asma Ul Husna, nama 25 Nabi dan 10 malaikat dalam Islam.
 
Tiga Aplikasi Pengingat Salat
 
Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi ini, Anda akan diminta untuk memilih negara dimana Anda berada. Setelah itu, Anda akan diminta memberikan kota tempat Anda tinggal. Ketika Anda membuka fitur kompas, Anda akan diminta untuk memberikan izin agar aplikasi bisa mengakses lokasi ponsel. Tujuannya adalah agar aplikasi bisa menunjukkan arah kiblat dengan tepat.
 
2. Waktu Solat dan Azan
Waktu Solat dan Azan akan meminta Anda untuk memilih bahasa yang Anda gunakan dan tempat Anda berada saat pertama kali membukanya. Opsi "Indonesia (Kementerian Agama RI)" berada paling atas.
 
Setelah itu, Anda bisa memilih berbagai fitur yang ada dalam aplikasi ini, seperti jadwal salat, kompas kiblat, Al-Qur'an, doa harian sampai masjid terdekat.
 
Seperti namanya, fitur masjid terdekat berfungsi untuk menunjukkan masjid-masjid yang ada di sekitar lokasi Anda. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda berada di lokasi yang tidak Anda kenali.
 
Tiga Aplikasi Pengingat Salat
 
Terkait pengingat waktu salat, Anda bisa mengaktifkan alarm -- yang nada deringnya bisa Anda pilih sendiri -- atau menonaktifkannya.
 
3. Muslim Pro - Ramadhan 2018
Medcom.id sempat membahas Muslim Pro dalam daftar aplikasi Al-Qur'an digital. Namun, aplikasi ini tidak hanya menawarkan Al-Qur'an digital. Aplikasi ini juga menawarkan fitur pengingat waktu salat. Sama seperti dua aplikasi di atas, di Muslim Pro, Anda bisa mengatur untuk mengaktifkan alarm ketika waktu salat tiba.
 
Tiga Aplikasi Pengingat Salat
 
Satu hal lain yang menarik dari Muslim Pro adalah adanya fitur Komunitas dan juga Inspirasi Harian. Di fitur Komunitas, masing-masing pengguna bisa mengirimkan doa/harapan mereka. Para pengguna lain bisa mengetuk ikon hati untuk memberikan dukungannya. Sementara Inspirasi harian berisi kalimat-kalimat inspiratif terkait Ramadan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif