Samsung Galaxy M30s.
Samsung Galaxy M30s.

Review Smartphone

Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan

Teknologi teknologi samsung review gadget
Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni • 08 Februari 2020 10:16
Jakarta: Sejalan dengan strategi baru Samsung untuk memperkuat eksistensinya, menjelang akhir tahun 2019 lalu, mereka menambah satu varian Galaxy M yang menekankan daya tahan baterai tinggi.
 
Seperti Galaxy A, rumpun smartphone ini mendapatkan peremajaan dengan penambahan huruf “S” di belakangnya. Seri pertama generasi terbaru ini bernama Galaxy M30s.
 
Ini adalah smartphone Samsung berikutnya yang hadir di pasar Indonesia, dengan misi meramaikan pasar terjangkau sekaligus memikat hati konsumen yang selama ini “dihujani” oleh merek Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung mungkin selama ini dikenal sebagai produsen yang kurang ahli menciptakan smartphone dengan harga terjangkau. Pandangan ini mulai berubah saat mereka meluncurkan Galaxy A50s yang sudah pernah kami ulas.
 
Apakah anggapan ini juga terbantahkan lewat Galaxy M30s? Berkut ulasan Medcom.id.

Bodi Sesuai Kelas

Samsung Galaxy M30s pada dasarnya punya desain yang tidak berbeda dengan ponsel buatan Tiongkok. Itu jika kita melihatnya dari sisi depan. Poni dew drop untuk menyimpan komponen kamera depan memungkinkan bentang layar yang lebih luas.
 
Masuk dalam kelas terjangkau, Samsung Galaxy M30s sudah menggunakan panel Super AMOLED, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio layar ke bodi mencapai 84,2 persen. Pengalaman penggunaan dari sisi ketajaman warna juga tentunya tidak berbeda dengan varian di kelas menengah.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Beralih ke sisi belakang, Samsung Galaxy M30s menyematkan tiga kamera belakang, yang terbungkus dalam satu bingkai vertikal. Satu hal yang cukup unik adalah bingkai kamera ini berukuran lebih besar dari biasanya.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Pada umumnya, bingkai kamera tidak menyisakan ruang lebih. Bingkai kali ini terasa sangat lebar, walau hanya sebagai tempat menuliskan keterangan tambahan. Setelah itu, Anda bisa melihat pemindai sidik jari dengan desain khas Samsung, tidak seperti ponsel merek Tiongkok.
 
Warna unit yang kami jajal mengusung Opal Black, yang memberi kesan warna hitam solid dengan sentuhan kilap. Ini membuatnya bisa menampilkan kesan yang tidak membosankan, karena warna hitam sendiri sebenarnya sudah menjadi pilihan yang sangat biasa di industri smartphone.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Untuk antarmuka fisik, Samsung Galaxy M30s sudah mengadopsi port USB-C, dan masih menyediakan jack audio 3,5mm. Tombol power berada di sisi yang sama dengan tombol volume, sementara slot kartu SIM berada di sisi seberang.

One UI

Menggunakan antarmuka pengguna One UI, Samsung Galaxy M30s hadir dengan tampilan dan fitur cukup serupa dengan perangkat lain dengan antarmuka pengguna ni. Perangkat ini terfokus pada penggunaan satu tangan dan berguna untuk layarnya yang tinggi seluas 6,4 inci.
 
Menu drop down notifikasi menampilkan tuas untuk akses cepat pada usapan kedua, sehingga dapat dengan mudah dijangkau hanya dengan ibu jari. Seluruh aplikasi dan menu sistem hadir dengan tampilan sama.
 
Anda dapat dengan mudah menjangkau aplikasi dan menu dalam jangkauan ibu jari, dan ditempatkan di bagian bawah layar. Hal serupa juga ditemukan pada menu Settings, Anda dapat mengakses baris atas menu pengaturan umum ke bagian bawah dengan cepat.
 
Untuk aspek keamanan, Samsung Galaxy M30s menyediakan pemindai sidik jari di layar. Kecepatan responnya cukup baik di kelasnya. Anda juga bisa mengunci ponsel dengan pemindai wajah.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Anda tidak lagi perlu memasang aplikasi tambahan, sebab Anda dapat mengaktifkan fitur Find My Mobile untuk melacak ponsel saat hilang atau lupa sandi pengunci. Selain itu, tersedia juga Samsung Pass, menghadirkan akses cepat ke dalam aplikasi hanya lewat pemindai wajah atau sidik jari.
 
Secure Folder merupakan fitur keamanan berikutnya yang bisa membatasi akses ke folder tertentu yang dirasa sensitif untuk diakses orang lain. Samsung Galaxy M30s juga hadir dengan fitur Always-on Display, yang umumnya ditemukan di perangkat segmen lebih tinggi.

Bukan Kamera yang Diunggulkan

Menyoal spesifikasi, kamera Galaxy M30s lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy M30. Kini ponsel ini hadir dengan sensor Samsung ISOCELL 48MP pada modul kamera utamanya. Karenanya, Galaxy M30s mampu menghadirkan hasil foto yang baik pada kondisi pencahayaan cukup.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Ponsel ini cukup mampu menghadirkan foto dengan ketajaman dan warna yang baik. Tidak hanya dalam kondisi pencahayaan cukup, hasil serupa juga kami dapati pada foto yang dipotret pada kondisi pencahayaan redup.
 
Eksposur yang ditampilkan cukup akurat, ketajaman baik serta dengan warna yang tetap kaya dan cerah. Di beberapa foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup, noise masih terlihat, terutama pada hasil foto dari kamera depan.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Namun kehadiran noise ini tidak terlalu kentara ataupun mengganggu tampilan foto secara keseluruhan. Selain itu, kamera Samsung Galaxy M30s juga dibekali dengan mode wide-angle berkat kehadiran kamera pendukung, memungkinkan Anda memotret pemandangan dalam cakupan lebih luas.

Baterai 14 Jam

Setiap kali membicarakan performa, mayoritas smartphone Samsung punya skor yang terbilang tidak lebih baik dari produsen Tiongkok. Hal ini memang bukan menjadi fokus utama Samsung.
 
Mereka sejak awal telah menyebutkan pengalaman penggunaan adalah hal yang utama, karena itu diperlukan untuk mendapatkan pelanggan tetap. Samsung Galaxy M30s mengadopsi chipset Exynos 9611, yang berduet dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 64GB.
 
Exynos 9611 merupakan chipset octa-core, dengan konfigurasi big.LITTLE terdiri dari ARM Cortex-A72 dan Cortex-A53. Di dalamnya juga terpasang GPU Mali-G72 MP3.
 
Jika melihat perbandingan grafis di bawah, Samsung Galaxy M30s masih kalah dengan ponsel milik kompetitor. Selisih skor PCMark bisa mencapai 1.100 poin, hal ini juga terlihat pada aspek performa visual dari GPU.
 
Di sisi lain, ia punya peningkatan performa yang cukup jauh dibandingkan generasi sebelumnya, dengan skor 3DMark hingga 1.000 poin. Ini bisa jadi pertimbangan untuk konsumen yang sebelumnya telah memiliki Galaxy M30 dan ingin mencari ponsel Samsung berikutnya.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Performa ponsel cerdas ini juga cukup baik saat digunakan untuk memainkan game sekelas PUBG. Pada awal akses, game ini diatur dalam pengaturan tertinggi, dan memainkannya selama beberapa menit, kami sudah merasakan suhu panas di bodi perangkat.
 
Namun setelah memainkan game ini sekitar 15 menit, suhu panas cukup terasa, terlebih saat memainkan game dengan durasi lebih lama dan di kondisi suhu lingkungan yang panas atau memainkan game saat berada di bawah sinar matahari.
 
Samsung Galaxy M30s, Si Kelas Menengah yang Cukup Menyenangkan
 
Untuk daya tahan baterai, Samsung Galaxy M30s terlihat sangat unggul. Ia mampu bertahan hingga 14 jam lebih saat kami menjajalnya dengan PCMark. Sebenarnya, ini berada sedikit di bawah ekspektasi kami, karena dengan baterai 6.000 mAh seharusnya bisa beroperasi hingga 16 jam.
 
Pembaruan software sepertinya bisa meningkatkan performa baterai lebih jauh. Daya tahan ini juga sudah lebih dari cukup untuk mengalahkan kompetitornya. Untuk skenario penggunaan harian yang bermacam macam, tentunya daya tahan baterai ini memungkinkan Anda tidak perlu repot mencari pengisi daya di luar rumah.
 
Kesimpulan
Secara keseluruhan, Samsung Galaxy M30s mampu menghadirkan performa dan suguhan kemampuan yang baik, serta pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Hal ini berkat dukungan layar luas, menyuguhkan pengalaman menonton konten yang menyenangkan.
 
Pengalaman penggunaan yang menyenangkan juga dihadirkan oleh kamera yang sudah cukup memanjakan mata. Anda perlu berada di lingkungan dengan suhu sejuk untuk menghindari peningkatan suhu bodi perangkat saat memainkan game sekelas PUBG.
Samsung Galaxy M30s
Prosesor Exynos 9611 octa-core
GPU Mali-G72 MP3
OS Android 9.0 + OneUI
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Kamera 48MP + 8MP + 5MP, Depan 16GB
Baterai 6.000 mAh
Layar 6,4 inci, FHD+ 1080 x 2340 piksel, Super AMOLED
Harga Rp3.299.000
7.9
Samsung Galaxy M30s
Plus
  • Desain menawan
  • Layar luas
  • Performa baik
Minus
  • Cepat panas saat memainkan PUBG

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif