SpaceX Luncurkan Satelit Prototipe untuk Jaringan Global Minggu Depan?

Ellavie Ichlasa Amalia 14 Februari 2018 11:25 WIB
antariksaSpaceX
SpaceX Luncurkan Satelit Prototipe untuk Jaringan Global Minggu Depan?
Microsat 2a dan 2b diduga akan diluncurkan oleh Falcon 9.
Jakarta: Tiga tahun lalu, pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk mengungkapkan proyek untuk membangun jaringan satelit internet dunia pertama.

Laporan dan kicauan terbaru menunjukkan bahwa SpaceX akan meluncurkan prototipe satelit internet global pertamanya pada 17 Februari mendatang. Satelit yang dinamai Microsat 2a dan 2b itu dikabarkan akan disertakan sebagai muatan sekunder dalam peluncuran Falcon 9 yang berikutnya, menurut laporan Futurism

Namun, sejauh ini, SpaceX belum mengonfirmasi bahwa Falcon 9 memang akan membawa satelit prototipe untuk Starlink.


Mereka hanya menyebutkan bahwa pada peluncuran berikutnya, Falcon 9 akan membawa satelit observasi radar seberat 1.360 kilogram. Satelit bernama Paz itu adalah satelit dari perusahaan Spanyol, hisdeSAT. 

Sejauh ini, SpaceX sukses menyembunyikan pengembangan Starlink karena kompetisi yang ketat. Salah satu pesaing utama SpaceX adalah OneWeb, yang memiliki hubungan kerja sama dengan Blue Origin, perusahaan luar angkasa di bawah Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon.

OneWeb diperkirakan akan meluncurkan satelit uji coba pertamanya pada 2018. Mereka berencana untuk memulai operasi awal pada 2019. 

Dalam dokumen yang SpaceX serahkan pada FCC (Federal Communications Commission/Komisi Komunikasi Federal), Vice President for Satellite Government Affair, SpaceX, Patricia Cooper menjelaskan bahwa mengembangkan sistem satelit adalah sesuatu yang eksklusif dan mungkin akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

Dalam waktu tersebut, para operator akan menyimpan informasi rahasia dengan alasan kompetisi."



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.