Discord mengumumkan fitur baru pada platform miliknya, bertajuk Thread.
Discord mengumumkan fitur baru pada platform miliknya, bertajuk Thread.

Discord Kini Punya Fitur Threads

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 28 Juli 2021 14:52
Jakarta: Discord meluncurkan fitur Threads, memungkinkan server untuk meningkatkan percakapan bolak-balik pada layanannya. Threads ini diklaim berbeda dari fitur Replies yang diperkenalkan Discord pada tahun 2020 lalu.
 
Mengutip The Verge, kini fitur Thread memungkinkan pengguna untuk menciptakan percakapan berutas baru menggunakan opsi tagar (#) baru di perangkat bersistem operasi Windows, Linux, iOS, Android dan web.
 
Fitur baru Discord memiliki cara kerja serupa dengan fitur Thread di sejumlah klien percakapan lainnya, memungkinkan pengguna Discord untuk membuat cabang baru dari percakapan yang ada di bagian feed saluran utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengguna akan mendapati Feed terpisah untuk percakapan berutas ini, dan admin server Discord akan dapat mengendalikan anggota dari server yang dapat berpartisipasi dalam utasan percakapan tersebut.
 
Moderator percakapan juga dapat menghapus pengguna dari utasan jika menimbulkan permasalahan. Discord juga memperkenalkan Threads dalam dua format yaitu Thread privat dan Thread publik.
 
Thread publik dalam saluran akan memungkinkan anggita dengan izin mengirimkan pesan untuk memulai dan mengirimkan pesan balasan di Thread. Sedangkan Thread private akan memungkinkan anggota tertentu untuk menciptakan dan bercakap-cakap secara pribadi.
 
Pengguna akan dapat mengundang akun pengguna lain ke dalam Thread privat dengan mengetikan ikon @ atau menambahkan secara manual. Discord akan secara otomatis mengarsipkan Thread dalam kurun waktu 24 jam.
 
Pengarsipan ini ditujukan untuk mengurangi tampilan berantakan pada saluran, dan pengguna masih akan dapat membaca percakapan utasan tersebut di tab Archive, namun pengguna tidak akan dapat membalas percakapan tersebut setelah diarsipkan.
 
Admin server dapat mengkonfigurasi pengaturan ini hingga tiga hari untuk mengarsipkan secara default. Namun jika server meningkatkan ke level 2 dengan boost Nitro, maka Discord akan menampilkan percakapan utasan privat dan opsi arsip dengan durasi satu pekan.
 
Thread akan membuka dalam format panel terpisah atau split-view di Discord, dengan opsi untuk melihat utasan dalam layar penuh dengan mengklik pada utasan dalam daftar saluran. Dalam server sibuk, hal ini artinya ukuran daftar saluran dapat berkembang jika pengguna menciptakan beberapa utasan.
 
Namun tujuan keseluruhan dari fitur Thread ini adalah untuk menghindari kebingungan dari berbagai percakapan berbeda terjadi dalam saluran tunggal, dan utasan akan sangat berguna untuk server Discord yang lebih aktif.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif