Beredar bocoran gambar screenshot menampilkan antarmuka pengguna usungan Windows 11.
Beredar bocoran gambar screenshot menampilkan antarmuka pengguna usungan Windows 11.

Begini Bocoran Screenshot Windows 11

Teknologi teknologi microsoft
Lufthi Anggraeni • 17 Juni 2021 13:00
Jakarta: Microsoft telah menandai tanggal 24 Juni dan diperkirakan menjadi tanggal perkenalan iterasi terbaru Windows, yang akan disebut sebagai Windows 11. Kini beredar bocoran gambar screenshot menampilkan perubahan antarmuka pengguna (UI) sistem operasi ini.
 
Mengutip GSM Arena, perubahan pertama yang terlihat dari UI ini adalah Start Menu dan ikon taskbar yang terletak di bagian tengah. Tampilan ini serupa dengan desain yang diusung oleh macOS karya Apple.
 
Selain itu, tersedia pengaturan yang dapat memindahkan Start Menu dan ikon ke sisi kiri, lokasi penyematan kedua fitur ini pada iterasi sistem operasi sebelumnya. Hal ini disediakan Microsoft sebagai alternatif bagi pengguna yang tidak menyukai layout baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Start Menu melayang juga akan tersedia dan solusi ini telah dapat ditemukan pada iterasi Windows 10X. Bahkan, sebagian kecil pilihan desain telah diterjemahkan dari Windows 10X yang belum dirilis ke Windows 11.
 
Pilihan desain bernama Live Tiles ini digantikan oleh ikon berdesain sederhana dan transparan. Selain ikon tambahan ini, Start Menu secara umum tampil lebih sederhana dan berisi aplikasi yang dapat dipin, file yang baru diakses, serta akses lebih cepat ke tombol restart dan shut down.
 
Gambar screenshot bocoran ini juga mengindikasikan menu konteks berdesain baru dengan sudut membulat, termasuk pada Start Menu. Selain yang ditampilkan pada bocoran gambar screenshot ini, Microsoft diyakini membekali Windows 11 dengan lebih banyak perubahan.
 
Sebelumnya, kabar terbaru menyebutkan bahwa Microsoft justru akan menghentikan dukungan atau support untuk sistem operasi Windows 10 di tahun 2025. Hal ini terungkap dari halaman dokumen dukungan lifecycle Microsoft. Windows 10 Home dan Pro bakal berhenti menerima dukungan pada 14 Oktober 2025.
 
Informasi ini membuat banyak pihak menduga bahwa Microsoft sudah menyiapkan sistem operasi generasi terbaru yang saat ini bisa disebut sebagai Windows 11, dan Microsoft sudah memberikan sejumlah bocoran.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif