Huawei dikabarkan tengah merencanakan pengembangan chipset Kirin 9010 dengan 3nm.
Huawei dikabarkan tengah merencanakan pengembangan chipset Kirin 9010 dengan 3nm.

Huawei Kirin 9010 Bakal Pakai Proses 3 nm

Teknologi teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 05 Januari 2021 10:24
Jakarta: Rumor yang beredar di Weibo menyebut bahwa Huawei HiSilicon tengah dalam fase lebih jauh dalam pengembangan chipset generasi selanjutnya, yang akan diproduksi di atas node 3nm.
 
Mengutip GSM Arena, sumber dari rumor ini adalah leakster bernama Teme (RODENT950), yang menyebut chipset tersebut sebagai Kirin 9010. Huawei dan produsen chipset lainnya dipastikan tengah merencanakan masa depan 3nm.
 
Namun hanya beberapa yang merencanakan sesuatu untuk akhir tahun 2021 ini. TSMC menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk memulai produksi volume dari chipset 3nm pada semester kedua tahun 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


TSMC juga diperkirakan akan menjadi manufaktur yang memproduksi chipset Kirin berikutnya, terutama jika dibangun dengan node canggih. Sementara itu, node 3nm TSMC atau disebut perusahaan ini sebagai N3 dinilai sejumlah pihak cukup mengesankan.
 
Sebab chipset ini berkemampuan meningkatkan kepadatan transistor hingga 70 persen, merupakan hal penting sebab chipset modern telah memiliki lebih dari 10 miliar transistor. Menurut prediksi, node baru akan menghadirkan efisiensi daya 25 persen hingga 30 persen dan peningkatan performa setidaknya 10 persen hingga 15 persen.
 
Chipset yang dibangun berbasis N3 juga akan lebih cepat sebab node baru ini memungkinkan lebih banyak transistor lain disematkan ke dalam chipset. Sehingga rumor yang menyebut bahwa Huawei P50 akan didukung chipset Kirim 9010 berpotensi sebagai informasi yang tidak tepat.
 
Selain itu, TSMC juga tengah mengembangkan proses N4, yang akan memasuki produksi volume pada awal tahun 2022 mendatang. Dengan demikian, chipset dengan node 4nm atau N4 ini diperkirakan akan muncul terlebih dahulu dari chipset N3.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif