Instagram meluncurkan fitur baru, memungkinkan siaran langsung dengan maksimal empat partisipan.
Instagram meluncurkan fitur baru, memungkinkan siaran langsung dengan maksimal empat partisipan.

Instagram Buka Live Rooms, Mirip Clubhouse

Teknologi media sosial teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 02 Maret 2021 17:33
Jakarta: Instagram meluncurkan fitur terbaru, bertajuk Live Rooms, dan akan tersedia secara global. Fitur ini memungkinkan empat orang untuk melakukan percakapan video dalam siaran langsung dalam aplikasi jejaring sosial tersebut.
 
Mengutip The Verge, unggahan blog Instagram menyebut pihaknya berharap fitur ini mendorong pengguna untuk berkolaborasi dengan kreator lain dalam sesi perbincangan atau podcast atau bermusik.
 
Melakukan siaran langsung dengan lebih banyak orang artinya fitur siaran ini dapat menarik perhatian audiens dalam jumlah lebih besar. Pengikut dari setiap partisipan dapat melihat ruang siaran langsung dan akan mendapatkan pemberitahuan saat siaran berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, pengguna yang diblokir oleh partisipan siaran langsung tidak akan dapat bergabung dalam ruang siaran tersebut. Fitur ini dapat dibandingkan dengan aplikasi percakapan langsung via audio yang tengah populer, Clubhouse.
 
Sebagai informasi, Clubhouse memungkinkan lebih dari 10 orang berbicara secara bersamaan, dan ruang siaran langsung dapat menampung hingga 8.000 orang sebelum dinyatakan penuh. Instagram Live disebut akan dapat menjangkau pengguna yang tertarik pada Clubhouse namun belum dapat mengaksesnya.
 
Facebook juga dilaporkan tengah mengembangkan kompetitor langsung aplikasi yang saat ini hanya dapat diakses via undangan dan hanya melalui aplikasi bersistem operasi iOS. Namun berbeda dengan Clubhouse, Instagram Live mengharuskan partisipan tampil di depan kamera.
 
Hal ini dinilai memberikan tekanan tambahan bagi partisipan untuk tampil baik dan berada dalam lingkungan yang fotogenik. Sedangkan Clubhouse diminati pengguna sebab hanya membutuhkan ponsel dan tidak mengharuskan audio berkualitas tinggi yang menurunkan ekspektasi audio.
 
Namun, Live Rooms diprediksi akan mencapai kesuksesan pada platform Instagram, karena pengguna akan kembali pada platform dengan jumlah pengikut lebih besar dan stabil, serta mengandalkan energi tinggi yang dapat dibuat oleh lebih banyak orang di satu ruangan.
 
(MMI)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif