Ilustrasi.
Ilustrasi.

Telkomsel: Lonjakan Trafik Layanan Tumbuh 21% di Momen Ramadan dan Idul Fitri

Teknologi Telkomsel telekomunikasi Mudik Lebaran 2022
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Mei 2022 11:06
Jakarta:  Telkomsel merilis informasi terkait trafik layanan mereka terutama di kategori data selama periode  momen Lebaran dan Idul Fitri 1433H. Mereka mengklaim bahwa trafik layanan data meningkat 21 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.
 
Angka tersebut mewakili total trafik layanan data yang mencapai 45,1 petabyte. Lonjakan ini disebut didukung oleh perubahan kebiasaan masyarakat selama pandemi COVID-19 yang sangat masif memanfaatkan layanan digital.
 
“Kami juga memaknai perayaan Idul Fitri kali ini sebagai momentum untuk terus membuka lebih banyak peluang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga tali silaturahmi dengan membangun semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di setiap aktivitas keseharian, dengan dukungan jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan prima dari Telkomsel,” tutur VP Corporate Communication Telkomsel, Saki Hamsatt Bramono.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila dibandingkan dengan hari biasa sebelum momen Ramadan dan Idul Fitri, lonjakan trafik layanan data periode ini hanya mencapai sembilan persen. Layanan SMS dan panggilan suara di momen kali ini mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan tahun lalu.
 
Sejumlah jenis layanan digital dijelaskan Saki berkontribusi terhadap lonjakan trafik, di antaranya layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai tiga persen, dibandingkan hari biasa.
 
Akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang tujuh persen. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi seperti WhatsApp 35 persen, TikTok 16 persen, Instagram 15, YouTube 13 dan Facebook hanya satu persen.
 
Pada tahun ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 Point of Interest (POI) yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif