Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat mobile BTS XL yang berada rest area tol Merak, Jakarta.
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat mobile BTS XL yang berada rest area tol Merak, Jakarta.

XL dan Kemenhub Pasang Informasi Mudik Format Digital

Cahyandaru Kuncorojati • 06 Juni 2018 18:47
Jakarta: XL Axiata berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dalam menyediakan informasi seputar mudik dalam format digital.
 
Pihak XL menyatakan bahwa kolaborasi ini hadir dari ide bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet.
 
Sementara itu, hingga tahun lalu, informasi seputar mudik masih banyak yang disebarkan melalui materi tercetak, berupa brosur maupun peta perjalanan.

"Kami di XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah untuk mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan. Pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien," ungkap Direktur Teknologu XL Axiata Yessie D. Yosetya.
 
Mengambil contoh Peta Mudik yang bertahun-tahun belakangan masih hadir dalam bentuk hardcopy Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengakui bahwa cara tersebut kini kurang efektif karena rentan hilang dan rusak, serta butuh biaya untuk mencetaknya.
 
"Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik, di mana cakupan informasi bisa lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja," tutur Budi. Langkah ini menurut Budi juga menjadi cara pemerintah memberikan layanan informasi yang lebih baik dan mudah di akses.
 
Nantinya informasi seputar mudik meliputi informasi mengenai call center dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi pemudik untuk mendapatkan informasi penting seperti daftar tarif tol, daerah rawan kecelakaan, dan posko kesehatan atau rest area.
 
Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik tersebut melalui sejumlah layanan digital yang tersedia antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan.
 
Pelanggan XL Axiata mulai bisa mendapatkan informasi seputar mudik ini antara H-10 hingga H+10 lebaran.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan