Laporan kuartal ketiga 2019 GFK sebut Samsung sebagai pemimpin di pasar smartphone Indonesia.
Laporan kuartal ketiga 2019 GFK sebut Samsung sebagai pemimpin di pasar smartphone Indonesia.

GFK: Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Indonesia

Teknologi teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 21 November 2019 22:15
Jakarta: Perusahaan riset GFK mengumumkan hasil laporan penjualan smartphone Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2019. Pada laporan ini, GFK menasbihkan Samsung sebagai pemimpin di pasar smartphone Indonesia.
 
GFK juga menyebut bahwa Samsung mendominasi sebesar 42 persen pasar smartphone Indonesia, berkat unit perangkat yang berhasil dijualnya. Sebagai informasi, GFK menggunakan metodologi berdasarkan data smartphone yang dibeli oleh konsumen.
 
Posisi yang telah diduduki Samsung sejak kuartal lalu ini disyukuri oleh Samsung Electronics, yang disampaikan oleh IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung mengaku percaya diri terhadap beragam inovasi yang dilakukan perusahaannya, yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna dan menyuguhkan pengalaman terbaik bagi pembeli perangkat karyanya.
 
Selain itu, Samsung mengaku percaya pada laporan GFK yang memperlihatkan data ritel, sebab dapat dimanfaatkan perusahaannya untuk memprediksi pasar dan tren pembelian yang dilakukan oleh konsumen.
 
Metodologi yang digunakan GFK ini disebut berbeda dari perusahaan riset lain yang menjadikan pengiriman smartphone ke pihak penjual atau pengapalan sebagai parameter perhitungan mereka.
 
Sementara itu menurut laporan Quarterly Mobile Phone Tracker Q3-2019 International Data Corporation (IDC), Samsung menempati peringkat ketiga, dengan pangsa pasar sebesar 19,4 persen, lebih rendah jika dibandingkan dengan pencapaian kuartal kedua 2019, sebesar 26,9 persen.
 
Juga pada laporan IDC tersebut, Oppo menduduki peringkat pertama dalam daftar lima besar pangsa pasar vendor smartphone Indonesia. Oppo mencakup 26,2 persen pangsa pasar smartphone Indonesia.
 
Laporan IDC ini menempatkan realme mengumumkan pencapaiannya di kuartal ketiga tahun 2019, menempati peringkat empat dalam daftar lima besar pangsa pasar vendor smartphone Indonesia. Pengumuman ini didasarkan pada laporan.
 
Pencapaian ini diraih realme setelah gencar menelurkan sejumlah ponsel cerdas karyanya di pasar Indonesia, sehingga mencatatkan peningkatan penjualan hingga dua kali lipat. Sebab menurut laporan IDC, realme meraih pangsa pasar Indonesia sebesar 12,6 persen pada kuartal lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif