Alibaba mengadakan program eFounders.
Alibaba mengadakan program eFounders.

16 Pendiri Startup Indonesia Ikut Program Alibaba

Teknologi alibaba startup
Ellavie Ichlasa Amalia • 17 Juni 2019 15:40
Jakarta:Puluhan pendiri startup dari Asia Tenggara telah menyelesaikan program eFounders Fellowship yang diadakan Alibaba Business School dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).
 
Program itu diadakan mulai 2 Juni sampai 12 Juni di 2019. Sebanyak 48 pendiri startup dari 6 negara di Asia Tenggara ikut berpartisiasi dalam program tersebut. Sebanyak 16 orang berasal dari Indonesia.
 
Pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group, sebagai Penasehat Khusus UNCTAD untuk Pengusaha Muda dan Usaha Kecil, Jack Ma, menyebutkan bahwa salah satu tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan 1.000 pengusaha dari negara berkembang. Dengan begitu, mereka diharapkan akan dapat membantu inklusi keuangan di negaranya memanfaatkan ekonomi digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“eFounders Fellowship bertujuan untuk menginspirasi pengusaha muda dari negara-negara berkembang untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di negara mereka masing-masing," kata Brian Wong, Wakil Presiden Alibaba Group, yang mengepalai program Global Initiatives Alibaba.
 
"Kami juga berharap mereka bisa menyebarkan dampak positif ekosistem digital kepada usaha kecil dan menengah (UKM), pengusaha, dan kelompok-kelompok yang sering terpinggirkan dari kegiatan ekonomi."
 
Secara total, orang-orang yang telah mengikuti program eFounders -- yang disebut eFounders fellow -- telah menciptakan 2.700 lapangan kerja dan menghasikan total pendapatan sebesar USD400 juta atau Rp5,6 triliun. Kali ini, para pendiri startup berasal dari berbagai industri, mulai dari e-commerce, fintech, pariwisata, logistik, dan big data.
 
Para eFounders fellow yang berasal dari Indonesia antara lain Aditya Minarto (Ralali.com), Casper Sermsuksan (Kulina.id), Chrisanti Indiana (Sociolla.com), Frans Yuwono (Asiacommerce.id), Rico Satria Chandra (Plazakamera.com), Jeff Budiman (20Fit/The Fit Company), Johannes Ardianto (Lemonilo) yang bekerja di bidang e-commerce.
 
Selain itu, ada tiga pendiri startup fintech, yaitu Ananto Wibisono (Alterra), Suwandi Soh (Mekari), Vikra Ijas (Kitabisa.com); satu dari logistik: Andree Susanto (Waresix). Sementara empat orang lainnya merupakan pendiri startup big data, yaitu Archie Carlson (Stickearn), Benz Budiman (Pomona), Irzan Raditya (Kata.ai), Winzendy Tedja (Yuna & Co).
 
Terakhir adalah Ali Sadikin (Marlin Booking), yang startup-nya bekerja di bidang pariwisata.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif