foto: Trusted Reviews
foto: Trusted Reviews

Rilis Comet Lake, Intel Kembali Targetkan Laptop Tipis Mumpuni

Teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Agustus 2019 10:48
Jakarta: Intel kembali mengungkap prosesor terbarunya di segmen mobile Generasi ke-10 selain Ice Lake. Kemarin Intel resmi mengumumkan Intel Comet Lake yang menargetkan laptop tipis dengan konsumsi daya super rendah.
 
Apabila Intel Ice Lake diciptakan dengan arsitektur fabrikasi 10nm, Comet Lake diciptakan dari fabrikasi 14nm. Prosesor tersebut menawarkan varian 6 core 12 threads dengan TDP 15 Watt. Total ada enam prosesor keluarga Intel Comet Lake yang dirilis, terdiri dari U-series dan Y-series.
 
Meskipun masih mengandalkan optimisasi dari fabrikasi 14nm, Intel Comet Lake dikliam memiliki peningkatan performa hingga 16 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Peningkatan juga terjadi di kegiatan multitasking di Microsoft Office 365 hingga 41 persen dengan konsumsi baterai yang rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi konektivitas, Intel Comet Lake mendukung tersedianya koneksi berkecepatan WiFi 6 menggunakan modem Intel WiFi6 (Gig+) serta dukungan Thunderbolt 3 hingga empat port di laptop yang menggunakannya. Intel Comet Lake tersedia dalam varian Core i3, Core i5, dan Core i7.
 
Intel Comet Lake U-series mendapatkan varian spesifikasi 6 core 12 thread,sementara versi Y hanya 4 core dan 8 thread. Dibandingkan seri Intel Ice Lake, keluarga Comet Lake tidak akan mendapatkan dukungan Intel Iris Plus. Intel tidak menyebutkan detil integrated graphic card yang ditanamkan.
 
Intel mengklaim bahwa jajaran Intel Comet Lake Core i3, Core i5, dan Core i7 menyajikan kecepatan frekuensi grafik hingga 1,15GHz. Kecepatan memorinya untuk LPDDR4x, LPDDR3, dan DDR4 hngga 2666Mhz.
 
Fitur lain yang dijagokan Intel saat memperkenalkan prosesor ini adalahtersedianya teknologi Intel Adaptix. Fitur teknologi membuat perangkat dengan cerdas mampu mengenali konfigurasi dari penggunanya dan menyesuaikan untuk tetap menyediakan performa yang optimal.
 
Fitur tersebut diklaim bisa meningkatkan kemampuan perangkat sebesar 8-12 persen di sistem. Jadi Intel Comet Lake disiapkan sebagai alternatif dari Intel Ice Lake, tapi sama-sama berasal dari keluarga prosesor Intel Generasi ke-10.
 
Saat memperkenalkan Intel Comet Lake mereka juga kembali menyebut soal Project Athena, yaitu lapotp tipis dan ringan dengan daya tahan baterai panjang tapi mampu mendukung kebutuhan kreasi konten dan multitasking dengan mumpuni.
 
Sama dengan Intel Ice Lake, Comet Lake akan mulai tersedia di akhir tahun ini dan menargetkan laptop tipis dan perangkat 2-in-1.
 
"Prosesor mobile untuk seri Intel Core Generasi ke-10 menyajikan jajaran produk terbaik di industri yang menawarkan keseimbangan terbaik bagi konsumen meliputi performa, fitur-fitur, tenaga dan desain untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik," tutur Corporate VP dan GM Mobility Client Platfom, client Computing Group Intel, Chris Walker.
 
"Tambahan prosesor terbaru ke keluarga Intel Core Generasi ke-10 ini menawarkan performa terpadu untuk mendukung produktivitas dengan tingkat yang lebih tinggi, dan menghadirkan konektivitas melalui Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 3," jelasnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif