Ilustrasi.
Ilustrasi.

XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Layanan di Libur Nataru, Paling Banyak Streaming

Cahyandaru Kuncorojati • 08 Januari 2024 12:14
Jakarta: XL Axiata merilis laporan mengenai pemantauan trafik layanan mereka di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pemantauan dilakukan pada periode 24 Desember 2023 hingga tanggal 2 Januari 2024 diperoleh data peningkatan trafik 15 persen dibandingkan hari normal.
 
Selain itu peningkatan trafik sebesar 19 persen juga dijumpai jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2022/2023. Puncak kenaikan trafik layanan terjadi di malam tahun baru yaitu mencapai 90 persen dibandingkan hari normal.
 
Sesuai prediksi, XL menyebut layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar satu persen dan SMS sebesar delapan persen dibandingkan hari biasa.

“Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” tutur Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
 
Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.
 
Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
 
BACA JUGA: Jangan Dibuang Dulu, Ini Cara Aktifkan Kartu XL yang Sudah Mati
 
Berdasarkan pemantauan keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, dan Game. Trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68 persen.
 
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15 persen dari hari normal, Instagram, 23 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat delapan persen, Tiktok empat persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30 persen.
 
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal. Pada kategori game, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106 persen dari hari normal. Lalu Mobile Legends, naik 73 persen.
 
Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35 persen dibandingkan hari normal, WeTV, 39 persen, Amazon Prime Video, 29 persen, dan Disney+, 13 persen,
 
Layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15 persen jika dibandingkan dengan hari normal.  Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
 
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 158 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan