eMMC iNAND EM132, flash drive untuk mobil otonom.
eMMC iNAND EM132, flash drive untuk mobil otonom.

Western Digital Garap Memori Khusus Mobil Otonom

Teknologi hardware western digital
Cahyandaru Kuncorojati • 16 Mei 2019 14:51
Jakarta:Westen Digital mengumumkan produk terbarunya yang menyasar industri otomotif khususnya mobil otonom.
 
Western Digital mengumumkan perangkat penyimpanan dari jenis e.MMC yang diklaim bisa mendukung penyimpanan data atau sistem yang menyediakan fitur bagi mobil otonom. Western Digital eMMC iNAND EM132 kapasitas 256GB.
 
Dalam rilis yang dibagikan oleh Western Digital, perusahaan tersebut melihat kebutuhan perangkat penyimpanan kapasitas tinggi semakin dibutuhkan pada software data dan aplikasi untuk mendukung mobil pintar lengkap dengan fiturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Western Digital eMMC iNAND EM132 kapasitas 256GB merupakan embedded drive flash pertama yang mengadopsi teknologi TLC 3D NAND 64-layer. Hal ini membuat masa hidup dari penggunaan e.MMC tersebut melampaui generasi 2D NAND.
 
Dijelaskan bahwa teknologi di mobil otonom tidak hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengakses dan mengolah data. Sebagain data akan tetap dibutuhkan untuk tersimpan di dalam kendaraan tersebut.
 
Misalnya, data peta, software aplikasi, informasi oengguna terkait cara mereka menggunakan mobil otonom dan data lain yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain atau ekosistem teknologi pendukung di jalan.
 
Kondisi tersebut mendorong kebutuhan penyimpanan flash yang didesain tidak hanya mendukung software atau aplikasi yang tersimpan tapi juga performa yang baik serta memiliki daya tahan hebat terhadap lingkungan.
 
Karena mobil otonom masih akan bernasib sama seperti kendaraan tradisional yaitu menembuh cuaca yang ekstrem dalam durasi tertentu. Maka perangkat penyimpanan data harus mampu selalu berfungsi optimal.
 
Western Digital eMMC iNAND EM132 kapasitas 256GB mengantongi sertifikasi IATF 16949, persyaratan AEC-Q100 dan bepergang pada Panduan Mekanisme Keselamatan. Di dalamnya juga langsunbg tersedia dukungan beberapa fitur.
 
Di antaranya kemampuan pengawasan kondisi kendaraan, manajemen suhu, pengaturan ulang baca otonom dan manual, manajemen daya, dan penyimpanan data di atas standar dari JEDEC.
 
"e.MMC 3D TLC NAND jenis paling pertama ini didesain dengan kumpulan fitur dan spesifikasi untuk memenuhi tuntutan aplikasi aplikasi generasi mendatang. Perangkat penyimpanan berkapasitas tinggi dengan persyaratan kualitas dan reliabilitas yang tinggi kini semakin menjadi standar pada sektor otomotif," tutur Senior Director Device Western Digital Oded Sagee.
 
Firma riset Counterpoint Research menyebut bahwa perangkat penyimpanan data juga memiliki permintaan sekaligus pertumbuhan tinggi untuk industri otomotif terutama mobil otonom.
 
"Kecanggihan in-vehicle infotainment (IVI), AI dan sistem-sistem kendaraan otonom menghasilkan sejumlah besar data yang harus diproses dan disimpan secara lokal di tiap sistem komputasi pada kendaraan," jelas Partner and Research Director Counterpoint Research, Neil Shah.
 
"Kapasitas rata-rata perangkat penyimpanan yang dibutuhkan tiap kendaraan tersebut diperkirakan akan membengkak lebih dari 2TB pada tahun 2022," imbuhnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif