Intel Core Generasi ke-10 yang dirilis untuk laptop dan Project Athena pada Computex 2019.
Intel Core Generasi ke-10 yang dirilis untuk laptop dan Project Athena pada Computex 2019.

Bocoran Prosesor Intel Comet Lake Dipastikan Hoaks

Teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Juli 2019 21:07
Jakarta: Beberapa waktu lalu beredar informasi berupa slide presentasi Intel yang membeberkan varian SKU dan spesifikasi dari keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10 Comet Lake untuk desktop. Kini ramai dibicarakan bahwa bocroan tersebut palsu.
 
Seperti yang diketahui bahwa Intel belum mengumumkan keluarga prosesor tersebut. Di Computex 2019, mereka baru mengumumkan prosesor Intel Core Ice Lake yang ditujukan untuk laptop.
 
Dikutip dari Gamer Nexus, orang dalam Intel menyatakan bahwa Intel belum membuat presentasi terkait Intel Core Generasi ke-10 Comet Lake.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari tampilannya, memang slide presentasi tersebut sangat serupa dengan yang gaya slide presentasi yang dibagikan Intel saat peluncuran produknya. Namun ,seluruh informasi di dalamnya dipastikan tidak benar. Mereka menjelaskan keanehan yang ditemukan satu per satu.
 
Bocoran Prosesor Intel Comet Lake Dipastikan Hoaks
 
Pertama, keanehan penulisan harga produk. Terlihat bahwa penulisan simbol Dollar ditulis di akhir angka harga. Selama ini penulisan yang benar adalah di sebelum angka harga, misalnya $366 atau USD366. Kedua terkait fabrikasi prosesor yang digunakan.
 
Sejauh ini Intel belum menyatakan fabrikasi prosesordi Intel Core Generasi ke-10 Comet Lake. Sementara di slide presentasi yang dianggap palsu dituliskan fabrikasi 14nm+++, padahal di Intel Core Generasi ke-10 Ice Lake dinyatakan menggunakan fabrikasi 10nm.
 
Seperti yang diketahui bahwa Intel sedang berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah produksi fabrikasi 10nm dan berniat meninggalkan fabrikasi 14nm. Keanehan ketiga adalah Intel tidak pernah menggunakan kolom Code Name di produknya, hal tersebut lebih sering ditemukan pada AMD.
 
Keempat, Intel biasanya menyertakan dukungan Intel Optane Memory Support pada prosesor yang mereka produksi. Hal tersebut menjadi fitur wajib Intel. tapi kali ini justru tidak tersedia sama sekali. Di slide presentasi palsu ini juga tidak tersedia kolom informasi prosesor yang mendukung versi unlock.
 
Keanehan kelima yang paling tidak masuk akal adalah nama proses yang menggunakan lima digit model nama untuk varian atau SKU prosesor. Hal ini sangat diragukan, meskipun Intel juga belum menyatakan sistem model penamaan terbaru prosesornya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif