Spotify menggulirkan fitur swipe to queue pada akun premium versi Android terbatas.
Spotify menggulirkan fitur swipe to queue pada akun premium versi Android terbatas.

Spotify Mulai Gulirkan Fitur Usap untuk Antrian di Android

Lufthi Anggraeni • 04 Maret 2022 10:50
Jakarta: Fitur yang disebut sebagai usap untuk mengantri atau swipe to queue telah diaktifkan pada Spotify versi iOS selama beberapa tahun terakhir, dan mempermudah pengguna menambahkan lagu ke antrian Spotify dengan gestur sederhana.
 
Hal ini tidak dimungkinkan pada aplikasi versi Android selama periode tersebut, namun kini hal tersebut berubah. Pertama kali ditemukan pada utasan Reddit, pengguna bernama Reddit u/Far-Contact-9369 menunjukan bahwa fitur ini kini tersedia di aplikasi Spotify versi Android.
 
Mengutip GSM Arena, fitur ini telah mulai digulirkan, meski belum aktif di sisi pengguna kecuali dua ponsel Android yang memiliki akun premium di wilayah Amerika Serikat. Fitur ini dinilai memudahkan pengguna untuk menambahkan sejumlah lagu pada antrian tanpa perlu mengetuk untuk memilih pada menu tindakan di setiap lagu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur ini diperkirakan digulirkan kepada sejumlah kecil pengguna untuk pengujian, sebelum dirilis secara lebih luas. Sebelumnya, Spotify mengembangkan fitur bertajuk Discover, berkemampuan menyajikan video musik di halaman Feed.
 
Selain dapat digulirkan ke arah atas atau bawah, pengguna juga dapat menyukai atau melewatkan video. Fitur serupa TikTok ini tersedia pada tab keempat di bar navigasi bagian bawah aplikasi, diapit oleh tab Home dan Search.
 
Selain itu, Spotify juga berkolaborasi dengan Netflix dan akan meluncurkan hub khusus layanan streaming film dan serial TV tersebut di platformnya. Hub ini akan menyajikan lagu soundtrack dari sejumlah acara yang disiarkan di Netflix.
 
Selain itu, hub ini juga menyajikan konten lain seperti podcast yang mendiskusikan serial TV dan film pemilik soundtrack tersebut. Menurut Netflix, dalam hub tersebut, penggemar akan lebih mudah untuk mengakses daftar lagu resmi dari serial TV seperti La Casa de Papel (Money Heist), Bridgerton, dan On My Block.
 
Sementara itu, Adele menjadi musisi yang secara gamblang menyuarakan ketidaksukaannya pada fitur putar lagu secara acak atau shuffle pada layanan streaming musik Spotify. Dan atas permintaan Adele, Spotify pun menghapus fitur tersebut.
 
Dalam cuitan di akun Twitter resminya, Adele menyuarakan pendapatnya soal musisi yang secara umum mencurahkan pikiran mereka ke dalam penyusunan daftar lagu dan lagu yang ditampilkan dalam album, dan hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif