Dalam acara Telkomsel Enterprise Solution Day 2025 yang dihadiri para pemimpin bisnis, Dian memaparkan data konkret mengenai dampak nyata dan terukur dari adopsi teknologi digital bagi perusahaan di Indonesia.
Menurut Dian, dunia saat ini menghadapi perubahan luar biasa, mulai dari pergeseran geopolitik digital hingga isu keamanan rantai pasok yang menuntut resiliensi tinggi.
Dia menekankan bahwa perusahaan yang berhasil menjadikan teknologi sebagai akselerator akan mampu mengubah tantangan tersebut menjadi peluang dan ruang pertumbuhan baru. “Digitalisasi memberikan hasil yang terukur, hasil yang nyata,” ujar Dian
Untuk membuktikan pernyataannya, Dian membeberkan sejumlah metrik keberhasilan yang telah dicapai oleh berbagai perusahaan melalui transformasi digital. Menurut data yang dipaparkan, adopsi teknologi yang tepat dapat mendongkrak laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) hingga 20%.
Selain itu, perusahaan juga dapat merasakan percepatan signifikan dalam waktu pemasaran produk (time-to-market) hingga 50%, yang krusial untuk menjaga daya saing.
Peningkatan produktivitas juga tercatat bisa mencapai lebih dari 30%, sementara efisiensi di area operasional seperti penggunaan payroll dapat meningkat hingga 60%.
Dian juga menegaskan bahwa manfaat ini bersifat inklusif dan berlaku untuk semua vertikal industri, bukan hanya sektor teknologi. Dia memberikan contoh spesifik, di mana digitalisasi terbukti mampu meningkatkan produktivitas di sektor pertambangan dan migas hingga 20% , serta mendongkrak efisiensi di industri logistik hingga 25%.
Di sektor pemerintahan, adopsi teknologi bahkan dapat meningkatkan keterlibatan digital dengan masyarakat (digital engagement) hingga 15%.
Sebagai tulang punggung transformasi digital nasional, Dian memaparkan kesiapan infrastruktur masif yang dimiliki oleh Telkom. Fondasi ini mencakup lebih dari 271.000 Base Transceiver Stations (BTS), 35 data center yang tersebar di dalam dan luar negeri, serta jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan Indonesia dengan dunia.
Dengan infrastruktur ini, Telkom telah melayani spektrum pelanggan yang luas, mulai dari lebih dari 1.800 perusahaan besar hingga lebih dari 500.000 UMKM di berbagai sektor.
Dian juga menyoroti pentingnya kolaborasi strategis dengan raksasa teknologi global seperti Google, Microsoft, dan Cisco untuk menghadirkan solusi digital terbaik yang sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia.
"Kami ingin membawa semangat kolaborasi untuk menyediakan solusi digital guna membangun sinergi bagi masa depan industri yang lebih baik," tutup Dian
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id