Apple meluncurkan situs baru menampilkan laporan permintaan dari pemerintah kepada perusahaannya.
Apple meluncurkan situs baru menampilkan laporan permintaan dari pemerintah kepada perusahaannya.

Apple Lebih Transparan Soal Permintaan Pemerintah

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 24 Desember 2018 10:45
Jakarta: Apple meluncurkan situs baru, menampilkan laporan biannual lebih transparan. Laporan ini menampilkan permintaan pemerintah yang diterima oleh Apple untuk mendapatkan informasi pelanggan terkait perangkatnya.
 
Awalnya, situs ini hanya tersedia untuk publik dalam format PDF, dan kini Apple memanfaatkan situs baru ini untuk memudahkan pelanggan mengakses dan memahami informasi yang tersedia.
 
Informasi ini ditampilkan dengan urutan nama negara sesuai abjad, dan dengan mengetuk tautan pada layar akan menampilkan data secara lebih mendetil. Permintaan pemerintah dibagi ke dalam sejumlah kategori berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu permintaan pemerintah ini termasuk ke dalam beberapa kategori berbeda. Kategori ini termasuk permintaan terkait perangkat dari pemerintah untuk nomor serial atau IMEI untuk membantu mengidentifikasi perangkat tertentu.
 
Kategori lain yaitu permintaan terkait identifikator keuangan dari pemerintah untuk informasi kartu kredit atau kartu hadiah, permintaan terkait akun dari pemerintah untuk informasi akun seperti Apple ID atau alamat email.
 
Kategori terakhir, permintaan darurat dari pemerintah untuk informasi berkenaan dengan permasalahan yang disebut sebagai permasalahan darurat. Sementara itu, selama pertengahan tahun pertama, pemerintah Amerika Serikat meminta informasi dari Apple untuk 4.570 perangkat unik.
 
Pemerintah Amerika Serikat juga meminta informasi terkait finansial sebanyak 918 kali, dan informasi terkait akun sebanyak 2.397 kali. Permintaan terkait data darurat dilakukan pemerintah Amerika Serikat sebanyak 145 kali.
 
Namun, Apple tidak dapat memberikan data setiap kali pemerintah memintanya. Apple hanya mampu memenuhi 81 persen dari permintaan informasi terkait perangkat, 84 persen untuk data identifikator keuangan, dan 87 persen informasi terkait data Account.
 
Pemerintah Amerika Serikat mengirimkan permintaan kepada Apple hampir di seluruh kategori selama enam bulan pertama dalam satu tahun, kecuali untuk permintaan darurat. Di Inggris, Apple menerima sebanyak 172 permintaan informasi dari pemerintah dalam kurun waktu enam bulan, 17 lebih banyak jika dibandingkan dengan Amerika Serikat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif