Ada bug baru di Facebook. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)
Ada bug baru di Facebook. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)

Celah Baru Facebook Ekspos Foto 6,8 Juta Pengguna

Teknologi media sosial facebook
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Desember 2018 17:44
Jakarta:Facebook mengakui akan keberadaan bug software yang mengekspos foto dari 6,8 juta pengguna, termasuk foto yang tidak mereka unggah ke lini masa.
 
Facebook mengatakan, beberapa aplikasi pihak ketiga memiliki akses pada sejumlah foto yang biasanya tidak bisa mereka akses selama 12 hari pada bulan September. Mereka mengatakan, mereka akan memberitahukan para pengguna yang terpengaruh oleh bug ini.
 
"Ketika seseorang memberikan izin pada aplikasi untuk mengakses foto mereka di Facebook, mereka biasanya hanya memberikan akses pada foto yang mereka bagikan di lini masa," kata Facebook.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam kasus ini, bug membuat para aplikasi pihak ketiga bisa mendapatkan akses ke foto lain." Mereka menyebutkan, ada 1.500 aplikasi yang bisa mendapatkan akses ke foto pengguna.
 
Selain foto yang ada di lini masa, bug ini membuat para developer aplikasi bisa mengakses foto di Stories dan Marketplace. Tidak hanya itu, mereka juga bisa melihat foto yang telah pengguna unggah ke Facebook tapi belum mereka rilis. Misalnya ketika pengguna membuat post yang belum selesai.
 
Menurut TechCrunch, Facebook hanya meminta maaf sekadarnya atas kejadian ini. Mereka akan menyediakan alat untuk para developer untuk memeriksa apakah mereka dapat mengakses foto yang seharusnya tidak mereka akses. Facebook juga akan menghapus foto-foto yang seharusnya tidak didapatkan oleh developer.
 
Facebook juga berencana untuk menghubungi para pengguna yang mereka duga terpengaruh oleh bug ini via notifikasi yang akan mengarahkan mereka ke Help Center.
 
Mereka juga merekomendasikan para pengguna untuk masuk ke aplikasi untuk memeriksa apakah foto mereka diakses tanpa izin.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif