Traveloka mengumumkan hasil studi internal terkait perilaku pengguna selama tahun 2018.
Traveloka mengumumkan hasil studi internal terkait perilaku pengguna selama tahun 2018.

Traveloka: Travel Telah Jadi Gaya Hidup Masyarakat

Teknologi Traveloka
Lufthi Anggraeni • 18 Desember 2018 18:26
Jakarta: Menjelajahi wilayah baru atau traveling merupakan salah satu aktivitas yang kini telah menjadi perilaku gaya hidup masyarakat. Hal ini menjadi kesimpulan studi internal yang diumumkan oleh Traveloka.
 
“Melihat tingginya pemesanan tiket untuk travel di layanan kami pada 2018, kami percaya pada 2019, akan semakin banyak orang yang melakukan traveling. Ini sudah jadi perilaku, karena untuk menciptakan momen berharga dengan orang tersayang,” ujar Head of Hotel Marketing Traveloka Kurnia Rosyada.
 
Peningkatan jumlah wisatawan ini telah diantisipasi Traveloka melalui peluncuran sejumlah produk pada tahun 2018, termasuk PO Bus, Play Later, Flight Status, dan Train Seat Alert. Produk tersebut diklaim Traveloka mendapatkan sambutan baik dari pengguna layanannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pergeseran perilaku masyarakat terkait aktivitas wisata sebagai gaya hidup turut dipengaruhi oleh perkembangan popularitas media sosial Instagram. Menurut studi internal Traveloka, sebagian besar pengguna layanannya turut mempertimbangkan estetika desain dan arsitektur saat memesan hotel.
 
Hotel yang dinilai memiliki desain estetis, atau disebut dengan istilah Instagramable, menjadi pilihan yang mendapatkan perhatian terbanyak dari pengguna. Selain itu, studi ini menyebut perubahan perilaku juga terlihat dari aktivitas pengguna yang dilakukan selama liburan.
 
Kurnia menyebut, jenis kegiatan terpopuler di kalangan penggunanya adalah melakukan wisata kuliner khas, berbelanja, serta mengunjungi taman hiburan, tempat bersejarah, dan lokasi wisata alam.
 
Pada kategori destinasi wisata domestik, Traveloka menyebut 10 tempat terpopuler dan banyak dipilih pengguna yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam.
 
Sedangkan pada kategori destinasi wisata internasional, pengguna layanan Traveloka memilih Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Hongkong, China, Australia, Filipina, Taiwan dan Timor Leste sebagai 10 negara terpopuler.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif