Blibli mencatat peningkatan transaksi penjualan offline dan online alias omnichannel hingga dua kali lipat setiap tahunnya.
Blibli mencatat peningkatan transaksi penjualan offline dan online alias omnichannel hingga dua kali lipat setiap tahunnya.

Click & Collect Bantu Transaksi Omnichannel Blibli Naik 2x Lipat

Lufthi Anggraeni • 03 Juli 2024 11:05
Jakarta: Blibli mencatat peningkatan transaksi penjualan offline dan online alias omnichannel hingga dua kali lipat setiap tahunnya. Peningkatan transaksi ini seiring dengan adanya fitur Click & Collect yang tersedia di aplikasi Blibli.
 
“Fitur Click & Collect baru dimulai pada 2021, jadi fitur ini masih belum berkontribusi begitu besar. Meski masih terbilang baru, tiap tahun jumlah transaksi lewat Click & Collect tumbuh dua kali lipat,” ujar Head of Value Added Services Blibli David Vachum.
 
David menambahkan bahwa dari tahun 2021 hingga tahun 2024, jumlah transaksi Blibli yang menggunakan fitur Click & Collect untuk berbelanja di gerai mitra, termasuk Ranch Market, mengalami pertumbuhan dua kali lipat setiap tahun dari tahun sebelum fitur ini tersedia.

Gerai mitra Blibli, Ranch Market, sebelum kehadiran fitur Click & Collect disebut harus proaktif menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan selama periode pandemi. Selain Ranch Market, Blibli mencatat semakin banyak mitra gerai yang mengaktifkan fitur ini.
 
Saat ini, Blibli mencatat fitur Click & Collect telah diaktifkan di sebanyak 6.000 titik, diklaim akan memudahkan pelanggan untuk memilih metode pengiriman. Fitur ini disebut Blibli menawarkan fleksibilitas untuk pelanggan berbelanja secara online dan kemudian mengambil barang secara langsung atau offline.
 
Fleksibilitas ini juga diyakini Blibli mampu meningkatkan transaksi. Dengan total mencapai hampir 1,5 juta transaksi sejak 2018, Blibli menyebut fitur Click & Collect mencatatkan tiga jenis produk terlaris berupa belanja kebutuhan harian di Bliblimart, tablet dan aksesori gadget, dan laptop.
 
Selain itu, Blibli juga menyampaikan program Trade-In (Tukar Tambah) menawarkan pelanggan peluang menukar gadget dan produk elektronik rumah tangga model lama dengan produk baru secara lebih menguntungkan dan dijamin 100 persen orisinal.
 
Menurut catatan Blibli, antusiasme konsumen Indonesia terhadap program ini cukup besar, mencapai lebih dari 23.000 transaksi sejak tahun 2019 hingga saat ini. Pada program ini, terdapat tiga jenis produk paling diincar pelanggan, yaitu smartphone, televisi dan kulkas.
 
Inovasi ini diklaim Blibli menjadi solusi bagi pelanggan yang memiliki banyak produk elektronik yang sudah tidak terpakai atau e-waste, dan mengingatkan pelanggan bahwa pengelolaan sampah elektronik tidak sembarangan.
 
Blibli juga memiliki serangkaian solusi bernilai tambah lain yang tidak kalah bermanfaat, di antaranya yaitu program Blibli Mitra untuk memberdayakan dan peningkatan kualitas toko kelontong tradisional di ekosistem digital.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan