Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar (tengah), Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (kanan) dan Ketua Siberkreasi Yosi Makalau (kiri).
Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar (tengah), Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (kanan) dan Ketua Siberkreasi Yosi Makalau (kiri).

Kominfo Tetap Laksanakan 3 Program Secara Online

Teknologi Kominfo teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Maret 2020 15:52
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja menggelar konferensi pers yang menyatakan bahwa mereka tetap melaksanakan tiga program unggulan di tengah pandemi virus Korona. Program unggulan tersebut dilaksanakan secara daring alias online.
 
Dijelaskan pihak Kominfo bahwa tiga program unggulan ini adalah Digital Talent Scholarship, Literasi Digital Siberkreasi, dan Digital Technopreneur. Semuanya bisa diakses secara daring atau online dan gratis.
 
"Pelatihan daring dipilih agar upaya memberikan keterampilan dan peningkatan kompetensi digital bagi warga Indonesia tetap dilaksanakan dalam masa tanggap darurat menghadapi wabah Covid-19," jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bekerja sama dengan penyelenggara platform pembelajaran digital untuk mendukung pelaksanaan pelatihan. Kementerian Kominfo juga menyiapkan sertifikasi kompetensi bagi mereka yang memenuhi persyaratan," jelas Basuki menyoal program Digital Talent Scholarship.
 
Program Digital Talent Scholarsip 2020 mencakup Online Academy dengan tema pelatihan IT Essentials dan Digital Skills. Selain itu terdapat tema kewirausahaan digital dan digital marketing untuk Digital Entrepreneurship Academy.
 
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan Kementerian Kominfo tetap menjalankan Program Gerakan Literasi Digital bersama Siberkreasi dan Digital Technopreneurship secara online.
 
"Gerakan Literasi Digital sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecakapan digital dan pencegahan terhadap konten negatif, terutama penyebaran hoaks, ujaran kebencian, perudungan siber, dan sebagainya," ujarnya.
 
Program Digital Technopreneur saat ini sedang dalam tahapan Inkubasi. Pada tahap ini akan ada dua sesi yang dilakukan secara online setiap Sabtu dan Minggu selama 3 minggu berturut-turut di 10 kota.
 
Proses kegiatan dilakukan dengan Mentor berada di Jakarta (rumah atau coworking space yang ditunjuk) dan tim startup berada di rumah masing-masing atau di coworking space yang ditunjuk dengan jarak +/- 1 meter antar peserta. Panitia sudah menyipakan tools dan platform online untuk digunakan.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif