CloudConnect dari Indosat Ooredoo memungkinkan perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di mana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa pun yang dimiliki (Foto:Dok.Indosat Ooreedo)
CloudConnect dari Indosat Ooredoo memungkinkan perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di mana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa pun yang dimiliki (Foto:Dok.Indosat Ooreedo)

Mengatasi Kerumitan Jaringan IT Untuk Kebutuhan Kerja Jarak Jauh

Teknologi Indosat Ooredoo
Gervin Nathaniel Purba • 20 November 2020 08:02
Jakarta: Bekerja dengan sistem jarak jauh (remote) menjadi tren pada pandemi covid-19 ini. Bahkan, pola ini diprediksi akan berlanjut pada beberapa tahun mendatang.
 
Dengan mengadopsi sistem bekerja secara jarak jauh, masa depan bisnis tampaknya akan bertumpu pada model komputasi hybrid yang menggabungkan infrastruktur on premise dan komputasi awan (cloud) atau yang sering dikenal dengan solusi hybrid cloud.
 
Solusi hybrid cloud ini menggabungkan beberapa platform seperti private cloud ataupun infrastuktur onpremise dengan public cloud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Model ini bisa menjadi solusi dalam menjawab tantangan kebutuhan infrastruktur teknologi saat ini supaya produktivitas tetap terjaga.
 
Dengan memperbarui teknologi ini perusahaan dapat dan mengantisipasi tantangan pada kemudian hari. Berikut ini lima keuntungan hybrid cloud.


1. Kelincahan


Hybrid cloud menawarkan perusahaan baik itu bussiness to bussiness, maupun bisnis ritel, untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Hal ini tentunya akan sangat mendukung juga untuk kebutuhan bekerja secara jarak jauh.


2. Biaya


Daripada menampung semua data di server pribadi/onpremise, hybrid cloud menyediakan opsi untuk menyimpan data terutama untuk data yang kurang sensitif  untuk disimpan di public cloud.
 
Hal ini tentunya akan menghemat biaya perusahaan dalam hal investasi pengadaan onpremise storage server. Ditambah lagi dengan menggunakan layanan public cloud, perusahaan hanya akan membayar sesuai dengan apa yang mereka gunakan.


3. Kontrol


Jika bisnis berkembang infrastuktur di hybrid cloud dapat ditingkatkan atau discale-out dan scale-up dengan mudah, dan memungkinkan bisnis untuk merespons permintaan secara otomatis.


4. Inovasi


Hybrid cloud dapat membantu perusahaan untuk lebih mudah dalam berinovasi dalam upaya mengikuti perkembangan pasar, serta memenuhi permintaan pelanggan yang berubah-ubah.


5. Berkelanjutan


Jika terjadi bencana atau pandemi, hybrid cloud memungkinkan bisnis untuk dapat melanjutkan operasi dengan waktu henti yang minimal dan membantu memastikan backup data utama.


6. Keamanan


Hybrid cloud dapat menerapkan langkah-langkah keamanan seperti enkripsi, otomatisasi, kontrol akses, orkestrasi, dan keamanan dengan lebih mudah dikendalikan.
 
Terkait cloud demand yang besar terhadap pemakaian cloud pada era remote work saat ini , Indosat Ooredoo menghadirkan layanan network as a service, yakni CloudConnect powered by NetFoundry.
 
Kehadiran CloudConnect dinilai dapat memberikan solusi kepada beragam industri dalam mendukung kebutuhan network IT model yang cocok dengan kebutuhan bisnis saat ini.
 
CloudConnect memiliki banyak keunggulan, yaitu mampu meningkatkan performa network hingga lima kali lebih cepat dibandingkan alternatif network biasa, seperti traditional VPN. Hal ini karena teknologi CloudConnect menerapkan mekanisme “Quality of Experience (QoE)” dan juga pemilihan “Best Path Routing” yang sangat membantu untuk mengoptimalkan performa network.
 
Perusahaan pun dapat dengan mudah terhubung ke public cloud seperti Google, AWS, Azure, dan Alibaba.
 
Keunggulan lainnya, CloudConnect dapat digunakan oleh para pekerja di berbagai device, seperti laptop, ponsel berbasis Android atau IoS, dan perangkat IoT. Dengan kemudahan tersebut perusahaan dapat membuat virtual network dalam waktu singkat dan tanpa memerlukan perangkat keras.
 
CloudConnect juga mengadopsi zero trust network security, yaitu lima lapisan model keamanan yang disempurnakan untuk membuat network invisible yang dapat mengamankan akses jarak jauh ke cloud.
 
CloudConnect memungkinkan perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di mana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa pun yang dimiliki. Inovasi baru cloudConnect ini diharapkan dapat mendorong sektor bisnis di Indonesia untuk selalu menjadi yang terdepan.
 
Info selengkapnya mengenai CloudConnect klik di sini.
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif