Popularitas Microsoft Naik
Hasil survei YouGov menampilknan bahwa merek Microsoft mengalami peningkatan popularitas signifikan di kalangan anak muda.
Jakarta: YouGov mengumumkan hasil survei terkait dengan faktor BrandIndex. Survei ini dilakukan dengan metode interview ribuan konsumen setiap hari untuk melacak popularitas merek, tidak hanya dalam jangka waktu panjang, juga per minggu dan hari.

Hasil survei terbaru YouGov ini menampilkan popularitas yang berhasil diraih Microsoft dalam kurun waktu dua tahun terakhir yang tergolong tinggi. Popularitas tinggi ini diraih Microsoft pada konsumen dengan rentang usia antara 18 hingga 35 tahun.

Kelompok dengan rentang usia tersebut menorehkan nilai sebesar 44 pada survei tersebut, yang diikuti oleh kelompok usia dengan nilai tertinggi kedua yaitu berusia 39 tahun. Nilai sebesar 44 mengalami peningkatan signifikan dari hasil survei tahun lalu, yaitu sebesar 35.


Peningkatan popularitas pada rentang usia tersebut dinilai bertolak belakang dengan pendapat banyak pihak. Sejumlah pihak menyebut rentang usia muda ini dinilai akan lebih tertarik oleh perangkat karya Apple seperti iPad dan iPhone, serta merek lebih trendi lainnya.

Namun, hasil tersebut menampilkan peningkatan jumlah konsumen muda yang belajar untuk menghargai software dan perangkat yang ditawarkan oleh Microsoft. Salah satu pendorong hal ini diperkirakan berkat Windows Phone, yang ditampilkan oleh peningkatan siginifikan selama dua tahun terakhir pada grafik survei.

Peningkatan ini disebutkan berkat kontribusi dua aktivitas yang dilakukan oleh Microsoft baru-baru ini, yaitu perilisan update Windows Spring Creator (Redstone 4) dan organisasi ulang besar-besaran di Microsoft.

Selain itu, faktor lain seperti kehadiran produk terbaik karya Microsoft di lintas platform, yang dinilai sesuai dengan aktivitas kelompok usia tersebut mendorong peningkatan popularitasnya.

Microsoft juga dilaporkan mengerahkan upaya dalam pencipataan software dan fitur terbaik, yang dinilai tidak hanya telah tersedia namun juga bekerja dengan baik di berbagai platform. Perangkat iOS dan Android kini memiliki berbagai opsi dari Microsoft, dan dengan fokusnya di Cloud, aplikasi ini dapat tersinkronisasi dengan lebih baik jika dibandingkan dengan pesaingnya,

Sementara itu, rentang usia tersebut didominasi oleh mahasiswa, yang aktif menggunakan teknologi. Pengguna di rentang usia ini menggunakan Word, PowerPoint, OneNote dan Excel, serta memanfaatkan cloud untuk menyimpan dan membagi tugas dan hasil pekerjaan mereka.

Perbaikan yang dilakukan Microsoft pada ekosistem dari produk yang ditawarkannya dinilai sebagai faktor pendukung utama keberhasilannya dalam merangkul generasi dengan rentang usia muda tersebut. Hal ini menjadikan Microsoft sebagai perusahaan yang ramah konsumen.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.