Telegram menggulirkan update untuk aplikasi iOS dan Android berisi sejumlah fitur baru.
Telegram menggulirkan update untuk aplikasi iOS dan Android berisi sejumlah fitur baru.

Telegram Bisa Kirim Emoji Animasi

Lufthi Anggraeni • 11 Agustus 2019 10:46
Jakarta: Telegram merilis update dalam versi 5.10 untuk aplikasi versi Android dan iOS, menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satu fitur barunya yaitu kemampuan mengirimkan pesan senyap.
 
Fitur ini bertugas untuk mengirimkan pesan namun tanpa menimbulkan suara saat pesan diterima perangkat penerima. Pengguna hanya perlu menekan tombol kirim selama beberapa untuk memilih opsi kirim pesan tanpa suara.
 
GSM Arena melaporkan bahwa fitur ini akan berguna untuk penerima pesan yang tengah berada dalam rapat, di kelas, ataupun tengah tertidur. Penerima pesan akan menerima notifikasi di layar seperti biasa, namun tanpa suara meski ponsel tidak berada dalam mode Senyap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Telegram juga menghadirkan fitur baru terkait dengan foto thumbnail video dan timestamps. Fitur ini akan menampilkan foto thumbnail agar penerima pesan video mengetahui waktu keberadaan mereka di video tersebut.
 
Selain itu, mengirimkan video beserta keterangan waktu akan memungkinkan penerima pesan mengklik keterangan waktu sehingga dapat segera dialihkan ke bagian video pada durasi yang dimaksudkan pengirim pesan.
 
Untuk percakapan grup, aplikasi Telegram kini memungkinkan mode lambat, memungkinkan pengguna memilih interval waktu antara pesan, sehingga grup tidak dibanjiri oleh terlalu banyak pesan yang tergulir terlalu cepat dan menyulitkan untuk dibaca anggota lainnya.
 
Grup kini juga dapat menentukan pengguna sebagai admin, dan admin grup akan dapat memiliki nama khusus untuk diri mereka, yang akan muncul di sebelah nama admin setiap kali mengirimkan pesan ke grup.
 
Update ini juga menghadirkan emoji animasi, yang akan muncul saat pengguna menggunakan emoji tertentu seperti emoji hati, emoji jempol, emoji jengkel, dan emosi terbelalak, pada pesan yang dikirimkan ke percakapan.
 
Selain teranimasi, emoji hati juga berkemampuan bergetar serupa pola detak jantung saat penerima pesan mengetiknya. Hal ini berbeda dari stiker animasi yang diperkenalkan Telegram baru-baru ini.
 
Pada stiker yang diperkenalkan Telegram baru-baru ini, pengguna dapat memilih untuk menghentikan pemutaran stiker yang tampil serupa GIF, melalui menu pengaturan. Pada aplikasi versi iOS, Telegram juga memperkenalkan pengaturan warna aksen untuk tema gelap.
 
Sedangkan aplikasi versi Android didukung menu pelampiran dokumen baru, dengan tampilan grid baru dan foto thumbnail lebih besar, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk memilih gambar. Update ini telah tersedia pada aplikasi versi Android dan iOS, sedangkan versi Windows dan macOS akan segera menerima update tersebut.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif