Pada tahun 2019 lalu, Huawei melaporkan telah mengapalkan 240 juta smartphone.
Pada tahun 2019 lalu, Huawei melaporkan telah mengapalkan 240 juta smartphone.

Huawei Jual 240 Juta Smartphone di 2019

Teknologi teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 16 Januari 2020 17:38
Jakarta: Tahun 2019 menjadi tahun yang sibuk bagi Huawei, sebab pada tahun ini, Huawei memperkenalkan dua smartphone terbaiknya ke pasar, yaitu Huawei P30 Pro dan Huawei Mate 30 Pro.
 
Sayangnya kedua perangkat ini menjadi sandera dalam perang dagang yang terjadi antara pemerintah Tiongkok dan Amerika Serikat masih berlangsung. Meskipun demikian, di tengah permasalahan yang terjadi, Huawei berhasil meningkatkan pengapalan produknya di seluruh dunia.
 
Pada tahun 2019 lalu, Huawei melaporkan telah mengapalkan 240 juta smartphone, dengan lini P dan Mate yang berkontribusi sebanyak 50 persen dalam basis per tahun. Bos Huawei Technologies saat ini Xu Zhijun mengungkap bahwa perusahaannya memperkirakan pendapatan penjualan sekitar CNY850 miliar atau lebih dari USD123 miliar (Rp1.677 triliun).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah tersebut mengindikasikan peningkatan sebesar 18 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, angka ini akan jauh berbeda jika pemerintah Amerika Serikat tidak menekan perusahaan asal negaranya untuk berhenti berdagang dengan Huawei.
 
Hasil finansial ini tidak seperti yang diharapkan, meski Huawei berhasil untuk bertahan di tengah gempuran tekanan dan bersiap untuk kembali bangkit. Bos Huawei ini juga mengklaim tujuan dari perusahaannya pada tahun 2020 ini adalah untuk mengembangkan lebih jauh ekosistem Huawei Mobile Service karyanya.
 
Ekosistem ini ditujukan sebagai alternatif dari solusi Google sehingga perangkatnya tidak harus bergantung pada mitra dari negara lain. Alasan Huawei mengalami penurunan performa dalam kurun waktu 12 bulan terakhir disebabkan oleh absennya Google Service di smartphone baru karyanya.
 
Hal ini dinilai menjadi hal yang mengurangi minat konsumen terhadap perangkat Huawei secara drastis di pasar negara maju seperti Eropa Barat.
 
Huawei juga mengungkap bahwa perusahaannya mampu menjual sebanyak lebih dari dua juta unit Watch GT2 dalam kurun waktu tiga bulan sejak diperkenalkan.
 
Selain itu, Huawei juga mengklaim berhasil menjual sebanyak lebih dari satu juta unit headphone FreeBuds 3 dalam kurun waktu satu bulan, dan aplikasi Health karyanya saat ini digunakan oleh 400 pengguna aktif bulanan dari 170 negara dan wilayah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif