NVIDIA RTX Broadcast Engine.
NVIDIA RTX Broadcast Engine.

NVIDIA Bidik Tren Streaming via RTX Broadcasting Engine

Teknologi nvidia hardware geforce rtx
Cahyandaru Kuncorojati • 30 September 2019 15:02
Jakarta: Tren streaming atau profesi game streamer turut dirayakan oleh Twitch lewat dilaksanakannya acara tahunan TwitchCon 2019 beberapa hari lalu. Di luar dugaan, perusahaan kartu grafis seperti NVIDIA ternyata ikut memperkenalkan inovasi terbarunya.
 
Dalam acara tersebut NVIDIA memperkenalkan teknologi baru berbasis AI atau kecerdasan buatan bernama RTX Broadcast Engine. Berdasarkan penjelsan NVIDIA, teknologi ini menyediakan software development kit untuk bisa digunakan oleh game streamer dengan mudah.
 
Ada tiga fitur utama yang disediakan oleh kemampuan AI di NVIDIA RTX Broadcast Engine, mulai dari RTX Greenscreen, RTX, Style Filters, dan RTX AR. NVIDIA mengklaim teknologinya bisa digunakan di platform Twitch, YouTube, Mixer, Huya, dan Douyu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur pertama yaitu RTX Greenscreen. Sesuai namanya, tersedia kemampuan untuk mengubah latar kondisi saat melakukan streaming menjadi latar lainnya seperti menggunakan green screen secara artifisial dan real-time.
 
Artinya, mereka yang melakukan streamer tidak perlu lagi membeli aksesori berupa green screen. Disebut NVIDIA bahwa kemampuan AI mereka bisa mengenali mana bagian wajah dan latar dengan sempurna.
 
Fitur kedua adalah RTX Style Filter. Fitur ini membuat webcam yang digunakan memiliki kemampuan untuk menerjemahkan sebuah gambar dan menganalisa gaya di dalamnya untuk dirubah menjadi sebuah filter yang bisa digunakan real-time saat melakukan live stream.
 
Fitur ketiga yaitu RTX AR. Kemampuan AI dari NVIDIA juga bisa menganalisa bentuk wajah serta ekspresi penggunanya dan kemudian ditanamkan ke sebuah animasi augmentd reality sebagai sosok streamer. Jadi penggunanya bisa mengendalikan karakter animasi secara real-time.
 
Enggan hadir sendiri di ekosistem streaming. NVIDIA juga menyatakan sudah bekerja sama dengan penyedia teknologi live streaming yang sudah ada, misalnya OBS, Stream Laves, dan XSplit agar teknologi mereka kompatibel.
 
Tidak hanya masuk ke tren streaming, NVIDIA dalam waktu dekat juga akan menggelar kompetisi esports memanfaatkan jaringan iCafe GeForce Certified. Kompetisi ini digelar sebagai perayaan jumlah iCafe GeForce Certified yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari 1.000 iCafe di kawasan Asia Pasifik.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif