Halosis menawarkan teknologi kecerdasan buatan untuk usaha mikro kecil menengah di Indonesia.
Halosis menawarkan teknologi kecerdasan buatan untuk usaha mikro kecil menengah di Indonesia.

Halosis Tawarkan Kecerdasan Buatan untuk UMKM

Teknologi teknologi startup kecerdasan buatan
Lufthi Anggraeni • 12 Maret 2019 16:47
Jakarta: Halosis mengumumkan kehadiran generasi terbaru dari asisten virtual yang ditawarkannya untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia. Asisten virtual berkemampuan untuk menerima dan pencatatan pesanan, serta manajemen stok dan pesanan.
 
“Halosis menggabungkan teknologi dan personality untuk mengembangkan sistem jual beli yang cepat, simpel dan personal. Halosis ingin mendukung UMKM untuk membangun hubungan dengan konsumen, sehingga timbul persaingan yang sehat,” ujar Founder dan CEO Halosis Andrew Darmadi.
 
Pada versi terbarunya, Halosis menghadirkan asisten virtual bernama Hana, berkemampuan untuk membantu UMKM mengelola usaha secara lebih efisien. Hana menawarkan sejumlah fitur baru, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan pelanggan setiap hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asisten virtual versi terbaru Halosis ini didukung teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Natural Language Processing (NLP) karya Kata.ai. Dukungan teknologi NLP ini memungkinkan Hana untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan lebih mulus dan alami.
 
Selain itu, personalitas yang ditawarkan Halosis ini juga didukung tim yang bertugas membantu sistem atau chatbot berinteraksi dengan pelanggan secara personal. Kehadiran asisten virtual yang ditawarkan Halosis bertujuan mempercepat UMKM dalam memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, salah satunya via media sosial.
 
Sementara itu, UMKM turut menjadi bagian terpenting dalam perekonomian Indonesia. Hingga saat ini, Indonesia memiliki sekitar 60 juta UMKM, meski data yang diusung Halosis menyebut baru sebesar lima persen UMKM tersebut yang telah memanfaatkan teknologi dan digitalisasi untuk mengembangkan usaha mereka.
 
Andrew juga menambahkan bahwa secara statistik, terdapat 34 juta perempuan di Indonesia tanpa pekerjaan tetap atau membutuhkan pendapatan tambahan.
 
Hal ini turut mendorong Halosis menghadirkan asisten virtualnya, diharapkan akan menciptakan setidaknya satu juta lapangan pekerjaan untuk mereka.
 
Menyasar UMKM sebagai target pasar, Helosis menawarkan layanannya ini dalam tiga paket, yaitu paket gratis, premium dan enterprise. Paket gratis memungkinkan UMKM pemula untuk menggunakan platform Halosis secara gratis, namun juga dapat berlangganan dengan harga terjangkau.
 
Sementara itu, layanan Halosis versi Premium ditawarkan dengan biaya berlangganan bulanan sebesar Rp500 ribu, dan layanan versi Enterprise yang menawarkan lebih banyak fitur khusus sebesar Rp1,5 juta per bulan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif