Pandangan Ericsson dalam persiapan menggelar jaringan 5G di Indonesia.
Pandangan Ericsson dalam persiapan menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Ericsson: 5G di Indonesia Menunggu Regulasi Pemerintah

Teknologi telekomunikasi ericsson
Cahyandaru Kuncorojati • 26 April 2019 08:06
Jakarta: Implementasi jaringan 5G di Indonesia menurut Ericsson sebagai perusahaan penyedia solusi dan infrastruktur jaringan bukan soal di teknologi.
 
President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, menyebut banyak perusahaan yang siap membantu termasuk Ericsson dengan solusi 5G end-to-end.
 
"Tantangannya adalah di spektrum frekuensi yang digunakan untuk menyediakan layanan jaringan 5G. Di Indonesia belum tersedia karena masih terpakai untuk kebutuhan jaringan satelit dan pemerintah Indonesia masih sedang dalam pembahasan," jelas Soper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soper menyebut untuk jaringan frekuensi 5G yang sudah diuji coba nakan beberapa negara telah mengimplemtenasikannya digunakan spektrum frekuensi 3,5GHz. Salah satu yang disebut Soper adalah mempertimbangkan spektrum 2,6GHz atau 2,5GHz.
 
"Kominfo dan pihak terkait sedang mencari usaha untuk memberikan ruang spektrum tersebut agar bisa digunakan untuk 5G termasuk dengan spektrum alternatil lainnya," imbuh Soper.
 
Problem penyediaan spektrum frekuensi ini juga dialami negara-negara lainnya di awal persiapan untuk menggelar 5G.
 
Ericsson: 5G di Indonesia Menunggu Regulasi Pemerintah
 
Soper melihat semua operator di Indonesia sendiri sudah sangat siap dengan menggelar jaringan 5G. Namun mereka sedang menunggu keputusan dari pemerintah. Apabila spektrum frekuensi 5G diumumkan tersedia maka operator juga akan berlomba menggelar 5G.
 
Di Indonesia memang belum tersedia handset atau smartphone yang kompatibel dengan 5G namun Ericsson menyatakan sudah menyiapkan radio untuk menyebarkan jaringan 5G via infrastruktur operator.
 
Menariknya, Soper berpendapat bahwa jaringan 4G tidak bisa ditinggalkan dan harus disempurnakan. Dia mengakui di awal perluasan jarinagn 5G tidak akan sepenuhnya sempurna, penggunanya akan mengalami transisi jaringan dari 5G ke 4G.
 
Ericsson: 5G di Indonesia Menunggu Regulasi Pemerintah
 
"Di beberapa negara yang telah menggelar 5G menemui kondisi tersebut di awal. Oleh sebab itu perlu disediakan jaringan 4G yang sempurna sehingga saat harus terjadi transisi dari 5G ke 4G akan terasa lancar dan masih bisa diandalkan," jelas Soper.
 
Soal prediksi 2024 5G mulai digelar di Indonesia yang disebut Soper, dia menilai analisisi dari Kominfo tersebut tampaknya benar. Di tahun 2024, jaringan 5G akan bisa dirasakan semua pengguna termasuk end consumer. Jaringannya sendiri sudah mulai digunakan di 2021 di segmen bisnis.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif