MediaTek Pentonic 1000.
MediaTek Pentonic 1000.

MediaTek Pentonic 1000 Hadirkan Pengalaman TV 4K 120Hz

Cahyandaru Kuncorojati • 24 November 2022 14:37
Jakarta: MediaTek mengumumkan produk chipset terbaru yang bukan ditujukan untuk smartphone melainkan televisi. Mereka merilis generasi terbaru dari chipset Pentonic yaitu Pentonic 1000 uang membawa kemampuan baru ke smart tv atau televisi pintar.
 
Chipset MediaTek Pentonic 1000 diklaim menyediakan kemampuan untuk menghadirkan visual 4K refresh rate 120Hz ke sebuah smart tv. Di sini juga didukung kemampuan koneksi WiFi 6/6E serta MMEC untuk kualitas video yang lebih halus dibantu kemampuan AI mumpuni.
 
Fitur lain seperti Dolby Vision IQ serta Precision Detail dan Intelligent View memberikan kemampuan untuk menyajikan beberapa streaming konten sekaligus. Di dalamnya dibekali kemampuan codec video tercanggih dalam satu platform.
 
MediaTek Pentonic 1000 menggabungkan CPU multi-core yang kuat, GPU dual-core, AI Processing Unit (APU) khusus, serta mesin decoding video ke dalam satu chipset. Tersedia juga kemampuan Variable Refresh Rate hingga 4K 144Hz untuk aplikasi game serta Auto Low Latency Mode.
 
Teknologi Intelligent View dari MediaTek yang eksklusif ini memungkinkan para konsumen menonton berbagai sumber media yang berbeda dan konferensi video dengan teman-teman mereka secara bersamaan dengan kualitas gambar yang sama bagusnya.
 
Intelligent View memungkinkan pengguna menampilkan hingga delapan tampilan dalam satu tampilan (konten 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan solusi alternatif) serta menyediakan sinkronisasi video dan grafis yang mulus.
 
MediaTek menawarkan rangkaian teknologi Advancing Imaging Dolby yang tersedia lewat Dolby Vision IQ, di sini Precision Detail mampu menyediakan lebih banyak konten Dolby Vision dengan detail area terang dan gelap yang sangat jelas perbedaannya.
 
Tekstur dan kedalaman yang dihadirkan menawarkan ketajaman yang baru untuk sebuah standar smart tv 4K menurut pihak MediaTek. Di sini teknologi Intelligent View MediaTek juga dikombinasikan dengan kecanggihan Dolby Vision.
 
“Dolby akan bekerja sama dengan MediaTek dan mitra OEM kami untuk menghadirkan pencitraan Dolby Vision yang menakjubkan agar makin banyak orang menggunakan Smart TV 4K,” ujar Vice President Living Room Dolby Laboratories, Mathias Bendull.
 
Kemampuan AI di chipset MediaTek Pentonic 1000 juga membawa kinerja yang diklaim terdepan, misalnya teknologi AI-Super Resolution untuk menghaluskan tepi dan rekonstruksi detail sehingga resolusi FHD menjadi seperti 4K. 
 
Di sini kemampuan AI juga mampu meningkatkan kualitas ketajaman gambar sebuah objek sehingga menjadi realistis lewat kemampuan AI-Picture Quality Scene Recognition dan AI-Picture Quality Object Recognition.
 
“Kami merancang MediaTek Pentonic 1000 secara khusus untuk mengakomodasi tren smart TV saat ini, termasuk streaming 4K, game cloud, konferensi video, dan aktivitas menonton bersama,” kata Alex Chen, General Manager Unit Bisnis TV di MediaTek.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif