Pada hari biasa, trafik data mencapai 685TB. Pada saat liburan, terjadi kenaikan rata-rata sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan trafik pada hari biasa. Sementara jika dibandingkan dengan trafik tahun lalu, maka terjadi lonjakan sebesar 72 persen. XL menyebutkan, kenaikan trafik ini terjadi karena banyaknya orang yang menggunakan media sosial.
"Kami paham bahwa sekarang ini adalah era bagi masyarakat untuk melakukan dokumentasi apa yang mereka lihat dan rasakan lalu menyebarkannya ke komunitasnya melalui internet," kata Yessie D. Yosetya, Chief Services Management Officer.
Perkataan Yessie ini didukung dengan fakta bahwa terjadi peningkatan penggunaan media sosial. Berdasarkan data yang didapatkan oleh XL, Facebook mengalami peningkatan penggunaan sebesar 7 persen sementara Path mengalami peningkatan sebesar 11 persen.
XL juga menyebutkan bahwa mereka dapat memperkirakan pergerakan masyarakat berdasarkan peningkatan trafik. "Kita bisa saksikan masyarakat melakukan pergerakan untuk berlibur di berbagai daerah," kata Yessie. Peningkatan trafik terjadi di kota-kota yang menjadi tempat wisata seperti Bandung, Yogyakarta dan Bali.
Di kota-kota tersebut, kenaikan trafik terjadi di kawasan wisata. Misalnya, di Jakarta, lokasi-lokasi yang trafiknya naik antara lain adalah Ancol, Monas dan TMII. Sementara untuk kawasan Yogyakarta, daerah yang mengalami kenaikan traifk adalah Gunung Kidul. Di Bali, daerah pantai dan Ubud juga mengalami kenaikan trafik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News