YouTube menawarkan kendali untuk video lebih baik melalui tiga perubahan spesifik untuk penggunanya.
YouTube menawarkan kendali untuk video lebih baik melalui tiga perubahan spesifik untuk penggunanya.

YouTube Menjanjikan Pengguna Kendali Video Lebih Baik

Teknologi youtube
Lufthi Anggraeni • 01 Juli 2019 10:11
Jakarta: YouTube mengungkap rencana untuk menawarkan pengguna kendali lebih baik untuk Homepage dan video pada fitur Up Next. YouTube berencana memperkenalkan tiga perubahan spesifik dalam beberapa hari mendatang.
 
Perubahan spesifik ini akan memungkinkan pengguna YouTube untuk mengatur preferensi terkait video yang muncul pada halaman awal akun YouTube mereka. Dengan demikian, YouTube menjanjikan pengguna dapat menjelajahi topik dan video terkait secara lebih mudah.
 
Pengguna akan mendapati rangkaian opsi tambahan baru, berbasis rekomendasi terpersonalisasi sebelumnya, diklaim mampu membantu pengguna menemukan video yang diinginkan dengan lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur baru ini akan diimplementasikan secara langsung pada halaman home, sehingga dapat ditemukan saat pengguna menggulirkan layar ke arah atas. Selain itu, perubahan juga tersedia pada fitur Up Next saat pengguna berjelajah.
 
Awalnya, fitur ini akan tersedia pada aplikasi YouTube versi Android, sedangkan versi iOS akan menerima fitur ini dalam waktu dekat. Perubahan lain untuk memberikan pengguna kendali lebih baik terkait video mereka yaitu opsi baru untuk menghentikan aplikasi menampilkan video rekomendasi dari saluran tertentu dengan lebih mudah.
 
Opsi ini berguna saat YouTube memberikan video rekomendasi yang tidak sesuai dengan minat pengguna, dan merupakan cara untuk secara permanen memperbaiki masalah tersebut. Pengguna hanya perlu mengetuk menu tiga titik di sebelah video di homepage atau Up Next, dan pilih “Don’t recommend channel”.
 
Fitur spesifik ini telah tersedia secara global pada aplikasi YouTube untuk Android dan iOS. Pengguna YouTube juga akan menerima lebih banyak informasi terkait video yang rekomendasi dari saluran yang belum pernah ditonton sebelumnya, berbasis video yang disukai dan ditonton pengguna lain dengan minat serupa.
 
Sementara itu, kotak kecil di bawah video akan menawarkan lebih banyak informasi terkait dengan video yang disarankan. Namun, fitur pada kotak kecil ini baru tersedia untuk pengguna aplikasi YouTube versi iOS, dan YouTube menjanjikannya untuk segera tersedia di Android.
 
Sebelumnya, Reputasi kolom komentar di YouTube sangat jelek. Kreator justru dipuji ketika mereka melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, seperti merekam korban bunuh diri, mempromosikan video konspirasi atau "obat ajaib".
 
Karenanya, YouTube tengah mempertimbangkan perubahan desain untuk menyembunyikan kolom komentar secara otomatis. Dalam desain baru YouTube, kolom komentar dihilangkan sama sekali. Penonton baru bisa mengakses kolom komentar jika mereka mengklik tombol di antara tombol Dislike dan Share.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif