ASUS ROG Bezel-Free Kit
ASUS ROG Bezel-Free Kit

ASUS Rilis Aksesori Penghilang Bezel Multi-Monitor

Teknologi teknologi asus pc gaming hardware asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Januari 2020 12:05
Jakarta: Gamer PC kerap mengandalkan kartu grafis mereka untuk bisa mendukung konfigurasi multi-display atau multi-monitor. Berbekal tiga monitor, gamer ingin memiliki pengalaman bermain game seperti menggunakan monitor lengkung.
 
Sayangnya, konfigurasi ini kadang membutuhkan tiga buah monitor yang sama dengan desain bezel tipis. Sekalipun monitor tersebut diklaim memiliki bezel tipis, tapi pada implementasinya selalu bezel tersebut membuat visual yang disajikan terpotong.
 
Permasalahan ini ternyata dimanfaatkan oleh Asus ROG untuk menciptakan aksesoris inovatif bernama Bezel-Free Kit. Aksesori ini terdiri dari dua buah alat sederhana yang bisa menampilkan kesan menyambungkan atau menghilangkan bezel yang terpisah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ROG Bezel-Free Kit sebetulnya sempat dipamerkan pada CES 2018, namun baru kali ini diumumkan akan segera tersedia di pasar. Aksesori ini dijelaskan Asus menggunakan teknik ilusi optik. Teknik tersebut membuat bezel menghilang dan visual yang disajikan seperti menyambung.
 
ROG Bezel-Free Kit memiliki lapisan penampang dengan material PMMA, jenis thermoplastic transparan yang lebih kuat dibandingkan kaca. Material ini bisa ditembus oleh 90 persen cahaya yang diterimanya. Cara kerjanya, lapisan penampang ini memantulkan cahaya yang diterima dari kedua sisi monitor.
 
Cahaya yang dipantulkan juga ikut menampilkan visual yang berada di dekat bagian bezel layar. Akhirnya, bezel dari layar monitor terlihat menghilang. Meskipun begitu, diakui bahwa kualitas kecerahan warna di bagian ROG Bezel-Free Kit akan sedikit lebih gelap dibandingkan di layar asli monitor.
 
Namun, diklaim ASUS efek terserbut tidak cukup menggangu fokus penggunanya saat bermain. Berbeda dengan kehadiran bezel di monitor yang membuat pemain game genre first person shooter akan cukup terganggu.
 
Di bagian atas dan bawah ASUS ROG Bezel-Free Kit tersedia sebuah klip untuk terpasang ke monitor. Klip ini sudah menyediakan sudut kemiringan 130 derajat yang menurut ASUS sudut paling ideal untuk visual multi-monitor.
 
Di satu sisi kehadiran klip dengan sudut yang sudah disesuaikan membuat penggunanya lebih mudah dalam proses pemasangan. Mereka tidak perlu pusing menentukan sudut pandang atau kemiringan yang idel menurut penglihatan manusia.
 
Sayangnya, aksesori ini hanya mendukung monitor dengan bentang layar di bawah 27 inci. Jadi gamer dengan monitor ukuran besar tidak bisa memanfaatkannya. ASUS cukup berbaik hati karena ROG Bezel-Free Kit juga bisa digunakan di monitor selain ASUS.
 
Harga aksesors yang terlihat sederhana ini ternyata cukup tinggi. ASUS ROG Bezel-Free Kit yang sudah tersedia di penjualan online dibanderol sekitar USD109 atau Rp1,4 juta. Paket penjualannya terdiri dari dua unit yang bisa mendukung konfigurasi tiga monitor sekaligus.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif