Banyak UKM di Indonesia juga mengandalkan aplikasi WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.
Banyak UKM di Indonesia juga mengandalkan aplikasi WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

WhatsApp Business Ingin Bantu Pelaku UMKM Perkuat Pemasaran

Arif Wicaksono • 25 Februari 2025 18:27
Jakarta: Banyak UKM di Indonesia juga mengandalkan aplikasi WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.
 
Di Indonesia, sebanyak 87 persen konsumen lebih memilih perpesanan sebagai sarana utama komunikasi dengan bisnis. Untuk memenuhi preferensi ini, bisnis dapat memanfaatkan iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp (CTWA).
 
Dengan memasang iklan di Instagram dan Facebook, bisnis dapat langsung menghubungkan calon pelanggan ke WhatsApp, memungkinkan komunikasi yang cepat dan responsif. Hal ini tidak hanya membangun kepercayaan dengan pelanggan, tetapi juga mendorong tingkat konversi secara signifikan dengan memanfaatkan saluran komunikasi yang disukai.

"Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp atau CTWA memungkinkan pemilik usaha berinteraksi dengan orang-orang yang paling tertarik dan kemungkinan besar akan berdiskusi dengan mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan konversi. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan ke bisnis Anda di WhatsApp," ujar Country Marketing Lead, Indonesia, Meta Winton S, Selasa, 25 Februari 2025.
 
Pemanfaatan CTWA memungkinkan bisnis untuk menarik perhatian, menjawab pertanyaan, mengatasi kekhawatiran, serta menawarkan saran yang dipersonalisasi; yang pada akhirnya membangun kepercayaan dan mengubah pelanggan yang ragu menjadi pembeli setia.
 
Selain itu, CTWA dapat ditempatkan secara strategis di Facebook dan Instagram untuk mendukung berbagai tujuan bisnis, termasuk pengumpulan prospek, penjualan, dan pemasaran.

Kisah Sukses Penggunaan CTWA

Salah satu contoh keberhasilan penggunaan CTWA adalah kisah sukses Offo Living, sebuah merek furniture yang telah melihat hasil signifikan dari memanfaatkan fitur ini. Dengan memanfaatkan CTWA, Offo Living dapat berinteraksi dengan calon pelanggan dengan cara yang lebih personal dan efisien.
 
Menurut Marketing Manager, Offo Living, Happy Abimanyu, menjelaskan iklan di Instagram dan Facebook dapat langsung melihat katalog produk dengan foto asli di WhatsApp Business sebelum melakukan pembelian. Hal ini memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan efisien.
 
"Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan transaksi dan mendorong penjualan. Dengan bertemu pelanggan di tempat mereka berada, di WhatsApp, kami dapat membangun kepercayaan dan menyelesaikan transaksi dengan lebih mudah." tegas dia.
 
Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi WhatsApp Business seperti balasan cepat, FAQ, katalog produk, dan pembaruan status reguler dapat membantu mengurangi pembatalan pesanan dan kegagalan transaksi akibat keterlambatan respons.
 
Seiring semakin banyak bisnis beralih ke strategi digital, aplikasi WhatsApp Business terus menjadi alat yang kuat dan gratis untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetap terhubung dengan pelanggan dan memanfaatkan momen Ramadan sepenuhnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan