Ilustrasi.
Ilustrasi.

Asus Luncurkan Laptop Generasi Terbaru Pakai Layar OLED, Apa Bedanya?

Teknologi asus laptop
Cahyandaru Kuncorojati • 26 September 2021 11:21
Jakarta: Beberapa hari lalu Asus resmi meluncurkan generasi laptop terbaru dari sejumlah seri dengan membawa sejumlah peningkatan namun hal utama yang ditonjolkan adalah pada bagian layar. 
 
Hal ini disampaikan dalam event peluncuran bertajuk Asus OLED Launch - See The Difference with Asus OLED. Pengumuman ini memang tidak biasa di saat merek laptop lain justru memamerkan spesifikasi dengan peningkatan yang dibawa oleh prosesor terbaru saat ini yaitu Intel Generasi ke-11.
 
“Inovasi Asus tidak hanya sebatas pada performa saja dan Asus OLED adalah bukti komitmen kami pada inovasi teknologi visual pada layar laptop,” ujar, Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Asus OLED merupakan teknologi yang akan membawa pengalaman menggunakan laptop ke tingkat selanjutnya dengan kualitas visual yang kaya, warna yang akurat, serta lebih aman untuk kesehatan mata. Asus OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini,” jelasnya.
 
Faktanya ada lima keunggulan layar OLED pada laptop yang dirilis Asus.
 
1. Warna lebih kaya dan akurat
Panel OLED sebenarnya hadir untuk kalangan profesional terutama desain dan fotografis atau video grafi yang membutukan kualitas warna paling kaya dan akurat. 
 
Kemampuan panel Asus OLED mampu mereproduksi 100 persen warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133 persen warna sRGB. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan konten yang menarik dilihat oleh siapapun.
 
2. Lebih aman untuk kesehatan mata
Panel layar laptop jelas berkaitan langsung dengan kesehatan mata penggunanya terutama saat harus menggunakan dalam durasi yang lama. Paparan radiasi sinar biru tidak hanya buruk untuk kesehatan mata tapi juga mengurangi tingkat reproduksi warna biru di layar.
 
Makanya panel OLED di laptop Asus mempu menjaga akurasi warna tetap tinggi sambil melindungi mata pengguna dengan fitur Eye Care yang mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TUV Rheinland.
 
3.Tampilan tetap jernih di tingkat kecerahan rendah
Sebagian pengguna mungkin lebih menikmati bekerja dengan tingkat kecerahan layar rendah saat di luar ruangan yang cerah atau demi menghemat konsumsi baterai laptopnya karena lebih banyak bekerja secara mobile alias outdoor.
 
Panel layar OLED dari Asus diklaim bisa tetap menyajikan gambar yang cerah dan tajam meskipun tingkat kecerahan rendah. Jadi pengguna tetap mendapatkan kualitas visual yang nyaman tanpa mengorbankan hal lain.
 
4. Detail warna dan visual terbaik
Anda akan menemukan perbedaan yang sangat terasa dari panel OLED Asus dan layar laptop lain yang masih menggunakan panel backlight. Saat digunakan kualitas warna hitam yang disajikan akan benar-benar hitam sehingga kontras warna sangat tinggi.
 
Efeknya kualitas warna yang disajikan akan sangat kuat dan terlihat hidup. Hal ini tidak akan didapatkan dari layar dengan panel bukan OLED. Anda bisa membuktikannya sendiri karena perbedaan tersebut terlihat jelas.
 
5. Visual lebih jelas tanpa efek blur
Panel OLED memiliki kemampuan untuk menyajikan gambar atau video tidak hanya tajam dari segi warna tapi juga gerak visual, tanpa efek blur. Anda akan menemukan bahwa pergerakan di dalam video pada panel OLED akan terasa halus sekaligus detail.
 
Asus OLED dilengkapi response time tinggi yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih tinggi dari layar laptop umumnya. Jadi Anda akan mendapatkan kualitas visual yang terasa sangat hidup seperti melihatnya langsung dengan mata Anda.
 
Asus membawa lima laptop terbaru dengan teknologi panel OLED ke Indonesia. Di seri unggulan adalah Asus ZenBook Pro Duo 15  OLED (UX582) dan ZenBook Pro 15 OLED (UX535) yang sama-sama punya layar ganda canggih untuk produktivitas dan multitasking.
 
Panel OLED juga hadir di seri Asus ZenBook Flip S OLED (UX371) yang menyajikan desain laptop convertible atau yang layarnya bisa diputar sekaligus tipis. Seri ini sudah mendapatkan sertifikasi Intel EVO dengan dibekali grafis GPU Intel Iris Exe. Panel OLED terbaru juga dihadirkan ke Asus ZenBook 13 OLED (UX325) yang punya desain klasik di layar 13,3 inci.
 
Terakhir, Asus juga membawa panel OLED ke seri Asus VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan banderol harga termurah yaitu Rp8.599.000. Laptop ini mengusung ukuran 15 inci dengan banyak fitur upgradeable.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif