Cloudera ungkap kebutuhan operator telekomunikasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan
Cloudera ungkap kebutuhan operator telekomunikasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan

Cloudera: Perusahaan Telekomunikasi Indonesia Perlu Real-Time Insights

Mohammad Mamduh • 29 September 2021 16:36
Jakarta: Perusahaan telekomunikasi di Indonesia menggunakan real-time insights untuk membuat keputusan yang cerdas agar bisnis bisa lebih sigap dengan pertumbuhan bisnis berkelanjutan.
 
Dengan memanfaatkan platform manajemen data cloud-agnostic, perusahaan telekomunikasi terkemuka dapat mengelola siklus data end-to-end, dan menerapkan teknologi analitik, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan untuk mendapatkan insight menyeluruh dari pelanggan.
 
Pernyataan ini disampaikan oleh Cloudera dalam sesi online dengan wartawan hari ini, Jumat 29 September 2021. Kehadiran teknologi 5G dan perubahan perilaku pelanggan karena pandemi Covid-19 membuka peluang perusahaan telekomunikasi untuk menata ulang dan memberikan layanan lebih baik.

Berdasarkan data Kearney, Indonesia diprediksi akan meraih pangsa terbesar dari potensi layanan 5G di ASEAN, di mana akan menambah masing-masing hingga 9 persen dan 22 persen dari pendapatan konsumen dan perusahaan pada tahun 2025.
 
“Indonesia diharapkan dapat meraih pangsa terbesar dari potensi layanan 5G di ASEAN, dan kami memperkirakan bahwa penyedia telekomunikasi terkemuka yang telah menawarkan layanan 5G di negara ini akan segera memperluas jaringan 5G mereka ke lebih banyak wilayah untuk menghadirkan kecepatan tinggi, latensi rendah," kata Fanly Tanto, Country Manager for Indonesia, Cloudera.
 
Untuk mengubah manajemen data dan strategi analitik mereka di era bisnis yang berbasis data ini, perusahaan telekomunikasi membutuhkan platform yang multi-fungsi, terbuka, dan bersifat end-to-end yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan enterprise data insight yang dibutuhkan untuk mendorong nilai bisnis ke berbagai use case penting.
 
Heru Sutadi, pakar IT dan pendiri Indonesian Information and Communication Technology (ICT) Institute mengatakan tahun ini Indonesia memasuki babak baru pengadopsian teknologi seluler dengan hadirnya 5G.
 
“Adopsi 5G oleh operator telekomunikasi akan membuat operator semakin kuat posisinya sebagai data agregator yang tentunya akan mendukung era data driven."
 
Cloudera juga baru-baru ini mengumumkan keanggotaan mereka di TM Forum, asosiasi global yang mendorong kolaborasi dan transformasi digital di industri jaringan dan komunikasi. alam perjalanannya.
 
Solusi Cloudera dipakai oleh 10 perusahaan telekomunikasi top dunia. XL Axiata dan Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang juga menggunakan solusi Cloudera.
 
Telkomsel mengintegrasikan data dari berbagai departemen menggunakan platform data mereka untuk mendapatkan wawasan terkait pelanggan dan jaringan yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan lewat sistem analitik dan pembelajaran mesin. 
 
Sementara XL Axiata mengandalkan qbo Insights - sebuah tool percakapan self service berbasis AI dari Unscrambl (mitra Cloudera) untuk mengolah dan mengambil keputusan berdasarkan insight. Pengguna dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait tool bisnis (seperti pendapatan, jumlah pelanggan, penggunaan dan konsumsi) dalam bahasa Inggris dan mendapatkan insight yang dibutuhkan dalam lima sampai 60 detik, tergantung kompleksitas pertanyaan. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan