Android 12 Beta 2 punya fitur penampil durasi panggilan telepon yang tengah berlangsung di bar status.
Android 12 Beta 2 punya fitur penampil durasi panggilan telepon yang tengah berlangsung di bar status.

Android 12 Beta 2 Bisa Tampilkan Durasi Panggilan di Bar Status

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 15 Juni 2021 17:30
Jakarta: Android 12 menghadirkan perubahan desain besar pada antarmuka penggunanya, namun Google dilaporkan masih melakukan sejumlah perubahan pada detail dari desain di sistem operasi terbarunya tersebut.
 
Mengutip GSM Arena, Android 12 Beta 2 yang mulai digulirkan ke perangkat Pixel pada pekan lalu, hadir dengan kemudahan dalam melacak durasi panggilan telepon yang tengah berlangsung dengan indikator di bar status.
 
Umumnya, saat pengguna meninggalkan aplikasi telepon, aplikasi akan menciptakan notifikasi yang menampilkan durasi panggilan dan dapat diketuk untuk kembali ke aplikasi tersebut secara cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun notifikasi ini mengharuskan pengguna untuk mengakses laci drop-down berisi shortcut dan notifikasi terlebih dahulu. Android 12 akan melewati langkah tersebut dengan menempatkan chip di bar status yang menampilkan durasi panggilan telepon.
 
Chip ini mengacu pada elemen antarmuka pengguna (UI) berbentuk pil sederhana pada desain Material. Umumnya, chip dapat diketuk untuk memicu tindakan tertentu dan hal ini menjadi kemampuan yang dilakukan chip pada Android 12 ini.
 
Aplikasi pihak ketiga yang kompatibel seperti Skype, WhatsApp, VIber, dan lainnya juga dapat memanfaatkan chip ini untuk menampilkan durasi panggilan telepon, serta mengatur tindakan khusus yang terpicu saat chip diketuk.
 
Pengguna belum dapat mencoba fitur baru ini, sebab aplikasi Google Dialer yang tersedia di perangkat saat ini belum mendukungnya. Sementara itu beredar video di Twitter menampilkan kemampuan fitur baru Android 12 dalam membuka aplikasi ponsel.
 
Penjelasan tersebut menjelaskan alasan untuk video tersebut, sebab kemampuan ini bukan berkat dukungan chip, melainkan modul Magisk/Xposed khusus oleh pengembang bernama kdrag0n, yang digunakan untuk mencoba fitur baru di Android 12 tersebut.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif