Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bukan Main, Skor AnTuTu MediaTek Dimensity 2000 Tembus 1 Juta

Cahyandaru Kuncorojati • 15 November 2021 11:29
Jakarta: Potensi MediaTek untuk menyalip Qualcomm sebagai penyedia semikonduktor alias chipset mumpuni di smartphone semakin jelas. Beberapa waktu belakangan memang MediaTek semakin sering merilis chipset kelas high-end untuk smartphone 5G lewat series Dimensity.
 
Kini MediaTek ketahuan sudah menyiapkan chipset generasi terbaru untuk tahun depan yang bahkan menjadi pertama dengan fabrikasi 4nm. Kita ketahui semakin kecil teknologi fabrikasi maka chipset semakin kencang sekaligus efisien di konsumsi daya.
 
Dikutip dari GSM Arena beredar bocoran skor AntuTu dari chipset MediaTek yang diduga sebagai seri MediaTek Dimensity 2000 dan menggunakan fabrikasi 4nm. Skornya luar biasa, chipset tersebut berhasil mencatatkan skor lebih dari satu jua poin yaitu 1.002.220 poin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chipset yang masih dituliskan dengan kode MT6983 ini disebut terpasang pada sebuah smartphone vivo dengan kode V2184. Jadi keduanya masih belum memiliki nama jelas untuk di pasar.  Sejauh ini skor pengujian AnTuTu hingga lebih dari satu juta poin hanya pernah disentuh oleh iPad Pro generasi terbaru yang memakai chipset M1.
 
Hal yang menarik adalah MediaTek sebenarnya juga mengunggah video teaser dari chipset generasi terbaru mereka dengan fabrikasi 4nm. Namun di video 15 detik tersebut hanya diklaim bahwa performanya akan sangat kencang sekaligus hemat konsumsi baterai.
 
MediaTek sendiri mengklaim bahwa mereka akan menjadi yang pertama menyediakan chipset smartphone dengan fabrikasi 4nm. Qualcomm sendiri kemungkinan akan memperkenalkan chipset dengan teknologi serupa pada bulan Desember mendatang.
 
Sebelumnya, MediaTek memang masih kalah dari Qualcomm. GSM Arena menyatakan bahwa skor pengujian AnTuTu tertinggi saat itu masih dipegang oleh Snapdragon 888 pada smartphone Red Magic yaitu mencapai 858.734 poin. Chipset ini sudah tersedia pada banyak smartphone di pasar.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif